Berita Malang Raya

Pemkab Malang Target Pasar Sumedang Rampung Desember, Tampung Pedagang Tak Kebagian Kios

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) targetkan pedagang Pasar Sumedang dapat menempati stan pada bulan Desember 2018.

Pemkab Malang Target Pasar Sumedang Rampung Desember, Tampung Pedagang Tak Kebagian Kios
surya/ahmad amru muiz
Tempat penampungan sementara Pasar Sumedang terkesan kumuh, pengunjung enggan berbelanja di tempat itu. 

SURYA.co.id | MALANG - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK)  targetkan pedagang Pasar Sumedang dapat menempati stan pada bulan Desember 2018.

Ini setelah DPKPCK Kabupaten Malang mulai membangun hanggar di samping kanan dan kiri serta belakang Pasar Sumedang.

Pembangunan hanggar merupakan bagian dari alokasi anggaran pembangunan Pasar Sumedang yang tahun ini mencapai Rp 10 miliar.

Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengatakan, dengan adanya hanggar sebagai pelengkap bangunan Pasar Sumedang maka nantinya pedagang yang tidak kebagian tempat di stan atau kios dapat menempati hanggar tersebut.

"Dengan demikian, di Pasar tradisional Sumedang yang dibangun menjadi semi modern tidak lagi terkesan kumuh. Pedagang yang tidak tertampung di stan atau kios pasar ditempatkan di hanggar," kata Wahyu Hidayat, Rabu (29/8/2018).

Dijelaskan Wahyu Hidayat, stan hanggar untuk pedagang tersebut dibangun secara terbuka. Dimana sirkulasi udara bebas dan pedagang bisa leluasa menggelar dagangannya.

Meski demikian, dikatakan Wahyu Hidayat, pedagang yang akan ditempatkan di hanggar samping dan belakang bangunan Pasar Sumedang harus tetap mematuhi aturan penataan yang bakal dilakukan Disperindag Kabupaten Malang. Artinya, mereka tidak begitu saja menempati stan di hanggar Pasar Sumedang.

"Dan bangunan hanggar itu sebagai jawaban atas keinginan pedagang yang tidak tertampung di dalam bangunan Pasar untuk mendapatkan tempat aman dan bersih serta nyaman," ucap Wahyu Hidayat.

Diakui Wahyu Hidayat, konsep awal dalam pembangunan Pasar Sumedang sebagai Pasar Semimodern nantinya ada penataan pedagang sesuai jenis dagangan.

Pasar Sumedang yang saat ini baru terbangun tiga lantai akan memiliki jenis sendiri-sendiri. Seperti jenis dagangan sayuran dan buah serta bahan makanan bisa ditempatkan di lantai satu, untuk dagangan kuliner di lantai dua, dagangan pakaian dan lainya ada di lantai tiga.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help