Berita Malang Raya

KPK Datang, Anggota DPRD Kota Malang Pergi Nonton Asian Games 2018

KPK sedang 'mengobok-obok' dugaan korupsi di gedung DPRD Kota Malang. Saat KPK di Malang, Anggota Dewan justru pergi nonton Asian Games 2018

KPK Datang, Anggota DPRD Kota Malang Pergi Nonton Asian Games 2018
surya/hayu yudha prabowo
ilustrasi 

SURYA.co.id | MALANG - KPK datang, anggota dewan kunjungan. Inilah yang terjadi pada kedatangan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di penanganan kasus korupsi gelombang ketiga di Kota Malang.

Tim KPK kembali datang ke Kota Malang untuk meneruskan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor). KPK telah 'ngobok-ngobok' Kota Malang sejak Senin (28/8/2018).

Dari informasi yang dihimpun Surya, setidaknya tim bakal menggelar kegiatan hingga Sabtu (1/8/2018) atau sepekan penuh di Kota Malang. Kegiatan itu berupa penggeledahan dan pemeriksaan saksi.

Di sisi lain, saat tim KPK datang, hampir semua anggota dewan sedang melakukan kunjungan kerja ke Jakarta dan Palembang, Rabu (29/8/2018) hingga Kamis (30/8/2018). Mereka tidak ada di gedung dewan. Anggota dewan juga tidak ada di rumah ketika tim KPK menggeledah sejumlah rumah anggota dewan.

Kedatangan KPK ini untuk penyidikan dugaan Tipikor di penanganan gelombang ketiga. Penanganan kasus gelombang pertama dilakukan di pertengahan tahun 2017. Kemudian penanganan gelombang kedua dilakukan Maret 2018. Dan sejak akhir pekan lalu, pimpinan KPK kembali menerbitkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) untuk dugaan Tipikor di Kota Malang.

Baca: Terungkap, Anggota DPRD Kota Malang Biasa Minta Setoran

Meskipun terbagi di tiga gelombang, kasusnya masih sama yakni dugaan penerimaan suap oleh anggota DPRD Kota Malang dari pihak eksekutif Kota Malang.

Penanganan kasus gelombang ketiga ini merupakan pengembangan dari keterangan pihak-pihak di persidangan Pengadilan Tipikor di Surabaya. Di penanganan gelombang ketiga ini, penyidik KPK menetapkan tersangka baru.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah belum mau berkomentar banyak terkait tersangka baru ini. Febri melalui pesan tertulis mengatakan tim sedang melakukan proses penyidikan sejak Senin (28/8/2018) di Kota Malang

"Terkait dengan Malang, jadi kemarin KPK sudah memproses ada sejumlah anggota DPRD di Malang kemudian juga sudah proses pelimpahan. Kami memperhatikan fakta-fakta yang lain sehingga pengembangan sedang dilakukan. Apakah sudah ada tersangka baru atau tidak, belum bisa dikonfirmasi saat ini karena penyidik dan juga tim itu masih perlu melakukan beberapa hal di daerah. Itu yang bisa disampaikan dulu, nanti kalau sejumlah kegiatan-kegiatan awal sudah dilakukan tentu kami akan update lagi," tulis Febri melalui pesan singkat itu.

Namun mengacu SPDP yang diketahui Surya, terdapat enam tersangka baru di penanganan perkara gelombang ketiga ini. Mereka berinisial IG, MF, AI, IT, EA, dan BT.

Baca: Jalani Sidang di Pengadilan Tipikor, Wali Kota Malang Nonaktif M Anton Dituntut Tiga Tahun Penjara

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help