Gubernur Jatim Terpilih

Khofifah Ajak Perguruan Tinggi Upayakan Impor Bahan Pembuat Obat Turun 

Berbagi sekaligus navigasi program dengan kalangan perguruan tinggi terus dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah.

Khofifah Ajak Perguruan Tinggi Upayakan Impor Bahan Pembuat Obat Turun 
surya/fatimatuz zahro
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim terpilih bersambang ke kampus STIKES Anwar Medika Sidoarjo, Rabu (29/8/2018). 

SURYA.CO.ID | SIDOARJO - Berbagi sekaligus navigasi program dengan kalangan perguruan tinggi terus dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa.

Hari ini, Rabu (29/8/2018), Khofifah bersambang ke kampus STIKES Anwar Medika Sidoarjo. Selain bersapa dengan mahadiswa baru, Khofifah juga berdiskusi dengan rektor dan dekan serta dosen.

"Angka kematian ibu di Sidoarjo masih membutuhkan atensi dari kita semua. Sidoarjo itu angka kematian ibunya ada di urutan kelima se Jawa Timur," kata Khofifah.

Menurutnya, masalah itu bukan hanya tugas puskesmas, rumah sakiy atau spesialis obgyn. Melainkan semua elemen termasuk lingkungan dan kalangan akademisi.

Dari data USAID, Khofifah sempat menyampaikan bahwa untuk angka kematian ibu tertinggi adalah Surabaya. Kedua baru Kabupatrn Jember.

Namun dirinya masih mencoba menelaah apakah yang tinggi itu karena adanya rujukan ke Surabaya atau memang warga Surabaya. Hal itu penting lantaran butuh data yang jelas untuk bisa menentukan intervensi yang tepat.

Lebih lanjut Khofifah mengajak mahasiswa sekolah tinggi kesehatan untuk bersiap menghadapi tantangan global. Terutama di bidang farmasi, dengan pesatnya perkembangan teknologi, semua seolah ada genggaman.

"Di tahun 1992, saya menjadi Ketua Komisi 8 DPR RI, saya berpartner dengan Kementerian kesehatan. Dan saat itu 95 persen bahan obat itu impor," kata Khofifah.

Padahal sejak tahun 1984 konsep industri subsitusi impor itu sudah ada. Namun, nyatanya kurang berjalan hingga di tahun 1992 juga masih besar impornya.

Begitu juga saat ini, Khofifah ingin agar impor bahan obat di Jawa Timur terutama juga bisa terkurangi. Dan lebih banyak memanfaatkan bahan di sekitar kita untuk menjadi bahan obat.

"Banyak bahan lokal yang bisa dijadikan obat. Saya rasa sudah saatnya untuk diturunkan," tegasnya.

Ia menyebut kulit udang, kulit cangkang kepiting dan rajungan jika di Tiongkok, dijadikan sebagai bahan pembuat obat. Sehingga hal itu patut untuk juga diberlakukan di Jawa Timur.

Selain itu Khofifah juga mendorong agar pengembangan laboratorium. Jika perlu juga menjaring partnership dengan investasi agar lebih besar memberi kontribusi untuk bangsa.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help