Berita Surabaya

Jatanras Polda Jatim Tangkap Tiga Bandit Jalanan Spesialis Rampok Nasabah Bank di Berbagai Kota

Tersangka memecahkan kaca mobil memakai busi lalu mengambil tas berisi uang kemudian pergi melarikan diri.

Jatanras Polda Jatim Tangkap Tiga Bandit Jalanan Spesialis Rampok Nasabah Bank di Berbagai Kota
surya/mohammad romadoni
Tiga bandit jalanan perampok nasabah Bank lintas wilayah dibekuk anggota Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim berhasil menangkap tiga bandit jalanan komplotan spesialis perampokan nasabah Bank yang telah beraksi selama tiga tahun di sejumlah kota di Jawa Timur.

Ketiga tersangka yakni Firmansyah alias Bagong (41) Desa Gedangan Kabupaten Pasuruan dan Hermawan Djunaidi alias Wawang (45) warga Perum Magersari Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan, Tersangka Munir (45) alias Prasojo warga Dusun Tempursari, Desa Karangjeruk Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto menjadi otak kejahatan ini.

Wadir Reskrimum Polda Jatim, AKBP Juda Nusa Putra, menjelaskan kawanan perampok ini sudah beraksi tiga tahun lalu pada 2016 lintas wilayah di berbagai kota hingga ke luar Provinsi. Sejumlah tempat kejahatan mereka mulai dari di daerah Lamongan, Bojonegoro, Pasuruan, Solo Jawa Tengah, Indramayu Jawa Barat.

"Dari seluruh lokasi selama tiga tahun mereka mendapat uang hasil kejahatan sebanyak 714 Juta. Paling banyak korbannya adalah nasabah Bank," ujarnya di Mapolda Jatim, Eabu (29/8/2018).

Judo mengatakan adapun modus tersangka yakni berbagi peran untuk menentukan korbannya.

Tersangka Hermawan berperan membuntuti korbannya di kawasan Bank hingga usai mengambil uang tunai.

Tersangka bahkan turut mengantre untuk mengambil uang tunai di dalam kantor Bank yang minimal penarikan uang tunai lebih dari Rp 100 juta.

Tersangka Firmansyah berada di tempat parkir bank untuk menandai korban untuk mengetahui detail ciri-ciri korban yang diinformasikan kepada tersangka lainnya.

Sedangkan tesangka Munir bersama tersangka lainnya inisial (A) berperan sebagai eksekutor untuk merampok korbannya.

Keduanya membawa motor untuk membututi korbannya menunggu isyarat kode dari dua tersangka yang mengawasi korban di sekitar gedung Bank.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help