Berita Sidoarjo

Jalan Lingkar Timur Sidoarjo Berubah Nama Jadi Jalan Veteran, Lingkar Barat Berubah Jadi  . . . .

Jalan Lingkar Timur berubah nama menjadi Jalan Veteran. Perubahan nama jalan di Sidoarjo itu resmi diberlakukan, Senin (27/8/2018).

Jalan Lingkar Timur Sidoarjo Berubah Nama Jadi Jalan Veteran, Lingkar Barat Berubah Jadi  . . . .
surya/m taufik
Kadishub Sidoarjo M Bahrul Amig 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Jalan Lingkar Timur berubah nama menjadi Jalan Veteran. Perubahan nama jalan di Sidoarjo itu resmi diberlakukan, Senin (27/8/2018).

Papan nama jalan di sana juga sudah diganti. "Pergantian nama jalan ini sudah disetujui kepala daerah dan telah melalui serangkaian proses," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sidosrjo, M Bahrul Amig.

Menurutnya, nama Jalan Veteran diambil untuk menghormati para veteran yang telah berjasa dalam perang kemerdekaan.

"Selain jalan Lingkar Timur, perubahan nama juga bakal dilakukan terhadap jalan Lingkar Barat. Rencananya, jalan itu akan diubah namanya menjadi Jalan Soekarno-Hatta. Perubahan itu masih dalam proses," ungkapnya.

Perubahan nama jalan Lingkar Timur menjadi jalan Veteran juga mendapat sambutan baik dari para veteran Sidoarjo.

Ahmad Nasikun, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sidoarjo, mengatakan bahwa perubahan nama itu sejatinya sudah diusulkan sejak tahun lalu.

Usulan itu disebutnya sangat penting karena selama ini di Sidoarjo belum ada jalan dengan nama Jalan Veteran. "Beda dengan kota-kota lain, yang rata-rata sudah ada nama jalan veteran," katanya.

Dipilihnya jalan Lingkar Timur untuk diubah jadi Jalan Veteran ternyata juga tidak sembarangan. Ada peristiwa bersejarah di akses jalan tersebut sehingga dipilih untuk dinamakan jalan Veteran.

"Dulu ada dua pejuang asli dari Sidoarjo. Namanya Kacung dan Daim. Dalam perjuangan kemerdekaan, keduanya terlibat baku tembak dengan penjajah selama berjam-jam hingga akhirnya mereka gugur. Lokasinya di perempatan Desa Prasung," urainya.

Sehingga, nama Jalan Veteran itu juga dinilai sebagai bentuk penghormatan kepada Kacung dan Daim, dua pejuang yang gugur setelah diserang oleh penjajah di jalan tersebut.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved