Berita Tuban

Unsur Pelanggaran Terpenuhi, Bawaslu Tuban Telusuri Pihak yang Pasang APK Kampanye

secara administrasi APK dari Caleg Hanura itu sudah terpenuhi unsur pelanggarannya.

Unsur Pelanggaran Terpenuhi, Bawaslu Tuban Telusuri Pihak yang Pasang APK Kampanye
surya/m sudarsono
Sebuah pamflet seorang caleg dari salah satu parpol terpasang di tugu masuk sebuah gang di Kecamatan Tuban Kota, Senin (27/8/2018). 

SURYA.co.id | TUBAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban menganggapi adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh caleg Hanura dapil I Tuban. Sebagaimana diketahui, terdapat alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di gapura gang masuk Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban

APK jenis pamflet tersebut terdapat tanda petunjuk pencoblosan caleg nomor urut tiga, Endang Koestiyowati. Kini, pamflet berukuran sekitar 50x30 cm itu sudah ditertibkan petugas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sulamul Hadi, mengatakan secara administrasi APK dari Caleg Hanura itu sudah terpenuhi unsur pelanggarannya. Saat ini masih ditelusuri siapa yang bertanggung jawab atas keberadaan APK tersebut.

"Jelas unsur pelanggarannya ada, belum waktunya kampanye sekarang," ujar Gus Hadi sapaan akrab Ketua Bawaslu kepada Surya, Senin (27/8/2018).

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Tuban, Akhmad Mukhlis, menyatakan pemasangan APK oleh Caleg yang diusung dari partainya itu tanpa sepengetahuannya.

Kemungkinan, jika tidak dipasang sendiri mungkin teman atau kerabat caleg yang memasang.

"Partai tidak tahu kalau ada caleg yang sudah memasang APK," terang Mukhlis.

Dia menambahkan, jika caleg nomor urut tiga itu masih tergolong baru. Jadi mungkin juga belum tahu bagaimana aturan teknis pemasangan APK.

Untuk itu, dirinya akan memanggil Endang untuk dimintai keterangan yang sebenarnya.

"Ya saya tidak tahu, yang bersangkutan akan kami panggil untuk dimintai keterangan," pungkasnya mengakhiri.

Sekedar diketahui, saat ini tahapan pencalegkan telah sampai pada penetapan daftar caleg sementara (DCS). Sedangkan untuk Daftar Caleg Tetap (DCT) akan dilakukan 20 September mendatang.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help