Berita Banyuwangi

Seblang Bakungan Tarian Magis Berusia Ratusan Tahun Warga Using‎ Pukau Wisatawan

Ritual adat Seblang Bakungan kembali digelar masyarakat Using Banyuwangi di Balai Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Minggu (26/8/2018).

Seblang Bakungan Tarian Magis Berusia Ratusan Tahun Warga Using‎ Pukau Wisatawan
SURYAOnline/Haorrahman
Tari Seblang Banyuwangi. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Ritual adat Seblang Bakungan kembali digelar masyarakat Using Banyuwangi. Tradisi yang telah berlangsung selama ratusan tahun tersebut digelar di Balai Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Minggu (26/8) malam, tepatnya satu minggu usai hari raya Idul Adha.

Ritual Seblang Bakungan merupakan rangkaian tarian yang dibawakan oleh wanita tua dalam kondisi trans atau kehilangan kesadaran. Tariannya yang magis membuat ritual ini menjadi tontonan menarik yang mampu memikat para wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

Otto Paul Draeger, salah satunya. Wisatawan asal Jerman ini mengaku terpukau menyaksikan tarian ini.

"Saya sangat terhibur menyaksikan ritual ini. Apalagi setelah tahu kalau penarinya dalam kondisi kerasukan roh. Saya sempat merinding," kata Otto.

Demikian juga kata Agnes, dari Hongaria. Menurutnya, tradisi ini kental gotong royong.

"Saya terkesan dengan budaya gotong royong warga Bakungan. Ini tradisi yang harus dilestarikan," kata dia.

Tahun ini, seblang ditarikan oleh Supani, seorang wanita berusia 68 tahun yang telah menari seblang selama lima tahun berturut-turut. Supani merupakan keturunan Seblang Misna yang telah pensiun menjadi seblang 15 tahun yang lalu.

Dalam ritualnya, setelah dibacakan mantra dan doa, sesaat kemudian seblang langsung kerasukan roh dan menari mengikuti irama gending yang mengiringinya.

Selama semalam suntuk, penari seblang akan menari dengan diiringi puluhan gending. Diantaranya, kodok ngorek dan seblang lukinto.

"Semoga seblang bakungan ini tidak hanya menjadi seni pertunjukan, tapi sebagai penguatan budaya yang ada di Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help