Citizen Reporter

Lagu Kebangsaan Kita Masih Sama

Kegiatan ini positif karena orang sadar akan spiritualitasnya, tidak saling menyalahkan ataupun menganggap dirinya paling benar.

Lagu Kebangsaan Kita Masih Sama

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, 800 orang berkumpul di Kecamatan Karang Pilang, Surabaya, Minggu (26/8/2018). Gereja Paroki St Yusup Karang Pilang menggelar peringatan kemerdekaan itu bersama karang taruna, perwakilan masyarakat lintas agama, dan aliran kepercayaan.

Dengan tema Lagu Kebangsaan Kita Masih Sama, Indonesia Raya, Jangan Mau Dipecah Belah, dibuka dengan doa oleh KH Wahyu Ahadiyah dari Probolinggo. Sejalan dengan tema itu, Eko Budi Susilo selaku Camat Karang Pilang mengingatkan untuk menjaga komunikasi antarumat beragama.

“Kegiatan ini sangat positif karena dapat menciptakan kerukunan beragama, orang sadar akan spiritualitasnya, tidak saling menyalahkan ataupun menganggap dirinya paling benar, namun dapat saling berkomunikasi dan guyup,” kata Eko.

Harapan Camat Karang Pilang itu sejalan dengan Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama Kota Surabaya. Warga perlu meningkatkan Tri Kerukunan Umat Beragama yakni kerukunan internal umat seagama, kerukunan antarumat berbeda agama, dan kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah sehingga pembangunan bangsa berjalan dengan maksimal.

Para peserta dari karang taruna dan warga RT 01 RW 01 Kebraon dan RT 01 RW 01, Kelurahan Karang Pilang, Kecamatan Karang Pilang serta peserta dari berbagai unsur masyarakat yang mendaftar mendapat pita merah dan putih. Mereka menjadi dua tim dalam voli bola plastik, tarik tambang, balap karung, dan lomba bakiak.

Yang menarik adalah tarik tambang. Tim Merah diwakili Camat Karang Pilang beserta jajaran Muspika menjadi pemenangnya.

Selain pertandingan dan aneka lomba, ada panggung untuk mengekspresikan seni bagi anak-anak, remaja, hingga bapak-ibu. Mereka menampilkan hadrah, paduan suara anak-anak Gereja Kristen Jawi Wetan, dance karang taruna, penampilan anak-anak Bina Iman Anak Katolik, barongsai, dan sebagainya.

RD Yohanes Rudianada, Kepala Paroki St Yusup Karang Pilang menegaskan, antusiasme warga dalam merayakan kemerdekaan bersama tokoh agama diharapkan semakin meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Bernadus Widodo
Komsos Gereja Santo Yusup Karang Pilang
bernaduslilameli@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help