Berita Blitar

Pembangunan Pusat Kuliner di Kota Blitar Ditarget Tuntas Akhir Tahun, Anggarannya Ditambah Segini

Pembangunan pusat kuliner di lahan bekas kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jl A Yani, Kota Blitar, harus tuntas tahun ini.

Pembangunan Pusat Kuliner di Kota Blitar Ditarget Tuntas Akhir Tahun, Anggarannya Ditambah Segini
SURYAOnline/samsul hadi
¬†Pekerja membuat saluran air di sebelah barat bangunan pusat kuliner di lahan bekas DLH Kota Blitar, Jl A Yani. 

SURYA.co.id | BLITAR  - Pembangunan pusat kuliner di lahan bekas kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jl A Yani, Kota Blitar, harus tuntas tahun ini. Pemkot mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar untuk melanjutkan pembangunannya.

Anggaran itu untuk melengkapi fasilitas di pusat kuliner. Mulai saluran air, toilet, listrik, dan areal parkir. Selain itu, anggaran itu juga untuk menambah bangunan sejumlah kios di lokasi. Sekarang proses pembangunan lanjutan sudah dimulai.

Pekerja mulai membangun saluran air di sisi barat pusat kuliner. Pembangunan kios tambahan dan toilet di bagian belakang pusat kuliner juga sudah dikerjakan.

"Pembangunannya harus selesai tahun ini, dengan begitu tahun depan (2019), sudah bisa difungsikan," kata Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, Minggu (26/8/2018).

Pembangunan kios di pusat kuliner dimulai pada 2017. Pada pembangunan tahap pertama itu ada 40 kios pedagang di lokasi. Posisi kios ditata saling berhadap-hadapan. Anggaran untuk pembangunan tahap pertama sekitar Rp 1,9 miliar.

Sesuai rencana, pusat kuliner ini khusus untuk menampung pedagang makanan dan minuman di Kota Blitar.

Pembagunan pusat kuliner ini juga termasuk bagian upaya Pemkot Blitar menata pedagang kaki lima (PKL).

Para PKL resmi yang sudah terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan ditampung di pusat kuliner.

"Pembangunan pusat kuliner ini bagian upaya Pemkot menata keberadaan PKL. Para PKL kami tampung di tempat itu," ujarnya.

Pemkot Blitar memang sedang gencar membangun sejumlah kios sejak tahun lalu. Selain di lahan bekas DLH, Pemkot juga membangun kios di bawah tribun Stadion sisi selatan pada 2017. Pembangunan kios di stadion sisi selatan sudah selesai tapi belum dimanfaatkan.

Tahun ini, Pemkot Blitar juga akan membangun kios lagi di Stadion Supriyadi sisi utara. Pembangunan kios di stadion sisi utara belum dimulai. Proses pembangunan masih dalam tahap lelang pekerjaan. Anggaran untuk pembangunan kios dan tribun penonton sisi utara sekitar Rp 2,4 miliar.

Pembangunan kios di stadion rencananya juga untuk menampung pedagang kaki lima. Pemkot berencana merelokasi PKL di Jl Sudanco Supriyadi atau di depan Taman Makam Pahlawan dan PKL di sekitar Alun-alun.

"Sekarang kami menyiapkan tempat berjualan dulu untuk para PKL," kata Santoso.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help