Berita Tuban

Pemkab Tuban Berencana Bangun Terminal Tipe C Rengel, Saat Ini Tahap Kajian

Pemerintah Kabupaten Tuban melakukan kajian penyelenggaraan terminal tipe C, yang rencananya akan ditempatkan di Kecamatan Rengel

Pemkab Tuban Berencana Bangun Terminal Tipe C Rengel, Saat Ini Tahap Kajian
SURYA.co.id/M. Sudarsono
Pihak Pemkab meliputi Dishub, Bappeda dan beberapa instansi terkait mengkaji rencana pembangunan terminal Tipe C 

SURYA.co.id | TUBAN - Pemerintah Kabupaten Tuban melakukan kajian penyelenggaraan terminal tipe C, yang rencananya akan ditempatkan di Kecamatan Rengel.

Hal itu untuk menindaklanjuti Peraturan Daerah Kabupaten Tuban nomor 9 tahun 2012, tentang Rencana Tata Ruang Pengembangan Terminal Penumpang Tipe C.

Kepala Dishub Kabupaten Tuban, Muji Slamet, menyampaikan bahwa pembangunan terminal di Rengel termasuk penting. Hal ini bertujuan mengurai kemacetan yang terjadi akibat angkutan umum yang sering berhenti sembarangan.

Ditambahkannya, sektor transportasi merupakan sektor yang memegang peranan penting dalam upaya pengembangan wilayah, utamanya transportasi darat. Sasaran pembangunan ini lebih mengutamakan pelayanan publik.

"Rencana pembangunan terminal tipe C masih dalam tahap kajian," ujar mantan camat Soko tersebut kepada wartawan, Sabtu (25/8/2018).

Lebih lanjut Muji menjelaskan, dipilihnya Kecamatan Rengel sebagai lokasi pembangunan terminal Tipe C karena menjadi simpul, atau titik pertemuan dari beberapa kecamatan. Di antaranya, dari wilayah Kecamatan Grabagan, Soko, Parengan, dan Kecamatan Plumpang.

Selain itu, Rengel menjadi salah satu kecamatan yang berpotensi dan sedang mengalami pengembangan.

"Rencananya memang di Rengel, dilihat perkembangannya dulu," pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan Bappeda Tuban, Alex menungkapkan, Dishub perlu melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya, seperti Dinas PUPR, PRKP, Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta Kepolisian.

Sebab, pembangunan terminal harus diikuti dengan peningkatan kualitas sistem transportasi, yang tentunya memerlukan keterlibatan pihak lain.

"Perlu adanya sinergitas dengan pihak lain, selain itu pembangunan terminal juga diharap tidak menyalahi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tuban yang sudah ditetapkan," tutup perwakilan Bappeda itu.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved