Berita Surabaya

Khofifah Bidik Jakarta Sebagai Pasar Daging Sapi bagi Peternak Jatim

"Kebutuhan DKI Jakarta itu 650 ribu ekor sapi pertahun. Kalau kita bisa mencukupi sebagian dari itu, pasti ada manfaat besar bagi peternak di Jatim,"

Khofifah Bidik Jakarta Sebagai Pasar Daging Sapi bagi Peternak Jatim
surya/Ahmad Zaimul Haq
Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa membidik DKI Jakarta sebagai pasar daging sapi potensial bagi pengusaha ternak di Jawa Timur.

Oleh sebab itu, Khofifah kini kian giat melakukan pertemuan dengan para pengusaha sapi potong untuk mengomunikasikan dan mencari data adanya sapi potong di Jawa Timur.

"Hari ini saya akan ketemu dengan pengusaha sapi potong di Jawa Timur. Saya ingin tahu berapa banyak sih data riil sapi potong di Jawa Timur," kata Khofifah, Sabtu (25/8/2018).

Pasalnya ia tak bisa hanya mengandalkan data dari satu lembaga lantaran khawatir data kurang update dan data hanya sekedar angka.

Oleh sebab itu ia berupaya untuk mencari langsung data sapi potong yang ada di Jawa Timur langsung dari pengusanya.

Hal ini salah satunya merujuk adanya tawaran dari Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan pada Khofifah agar membantu pemenuhan sapi potong di DKI Jakarta.

"Kebutuhan DKI Jakarta itu 650 ribu ekor sapi pertahun. Kalau kita bisa mencukupi sebagian dari itu, pasti ada manfaat besar bagi peternak di Jawa Timur, akan banyak yang bisa hidup dari situ," kata Khofifah.

Karenanya, sebelum memberi kesanggupan, Khofifah merasa butuh mencari data riil keberadaan peternakan sapi di Jawa Timur seperti apa. Jumlah dan perkembangan setiap tahunnya bagaimana. Baik yang dikelola oleh perseorangan, koerasi maupun rumah potong hewan.

Dalam upaya navigasi itu, Khofifah mengaku menemui beberapa pihak juga selain pengusaha. Termasuk kalangan perguruan tinggi seperti Fakultas Kedokteran Hewan Unair, Universitas Brawijaya, juga Universitas Trunojoyo Madura.

"Saya juga ketemu dengan Himpunan Keluarga Tani Indonesia Jawa Timur," katanya.

Masih tentang pengembangan sapi Khofifah juga menyamaikan rencananya untuk bisa meningkatkan kualitas ternak sapi di Jawa Timur.

Dalam waktu dekat, Khofifah dikabarkan diundang pemerintah Australia untuk bisa belajar pengembangan ternah sapi di Jawa Timur.

"Kalau saya inginnya belajar tentang teknologi breedingnya sapi di sana seperti apa, karena yang tidak boleh kan itu, supaya indukan di Jawa Timur bisa lebih berkualitas," kata Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved