Berita Surabaya

Toilet-toilet Sekolah Negeri di Surabaya Akan Dijadikan Lebih Bersih dan Wangi Mirip Toilet Mal

Pemkot Surabaya mendorong sekolah-sekolah negeri membuat toilet di sekolah mereka jadi lebih bersih dan sehat. Inginnya mirip toilet mal

Toilet-toilet Sekolah Negeri di Surabaya Akan Dijadikan Lebih Bersih dan Wangi Mirip Toilet Mal
ist/shutterstock
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya mendorong sekolah-sekolah negeri agar membuat toilet-toilet di sekolah mereka menjadi lebih bersih dan sehat. 

Upaya itu telah dilakukan salah satunya di SMPN 1 Surabaya.

Kepala SMPN 1 Surabaya, Titik Sudarti menuturkan, renovasi itu memang tengah dilakukan di sekolahnya. 

"Salah satunya akan dibuat toilet yang bersih dan wangi. Katanya biar seperti di mal, kinclong," ucap Titik kepada Surya, Jumat (24/8/2018).

Titik sendiri menyambut baik rencana merombak toilet sekolah bersih seperti di toilet di mal. Namun menurutnya yang terpenting adalah bagaimana menciptakan budaya bersih di sekolah. 

Apalagi saat ini tidak ada petugas yang khusus menjaga dan membersihkan toilet sekolah. Selain menjaga sekolah, petugas kebersihan sekolah juga membersihkan halaman dan taman, juga membuat kopi.

SMPN 1 Surabaya memiliki enam petugas kebersihan. Diakui Titik bahwa semuanya belum ada yang fokus membersihkan toilet. Namun jika dilakukan peningkatan sarana dan prasarana termasuk toilet yang bersih akan menguatkan pendidikan karakter di sekolah. 

Gerakan toilet bersih itu adalah inisiatif Kepala Bappeko Surabaya yang baru menjabat, Ery Cahyadi. 

Kepala Bappeko Ery menuturkan bahwa akhir tahun ini, ditargetkan semua toilet sekolah negeri di Surabaya akan dirombak total. Fasilitas pendidikan milik pemkot itu tak boleh kotor dan pesing. 

"Ini tentu impian bersama. Masa sih membuat suasana toilet sekolah lebih nyaman dan wangi seperti mal tidak bisa. Kami akan tantang semua sekolah negeri," kata Ery.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help