Berita Pasuruan

Pemkab Pasuruan Normalisasi Sungai Kedunglarangan, Target Akhir Tahun Selesai

Normalisasi Sungai Kedunglarangan membutuhkan waktu yang panjang dan targetnya akan selesai Desember 2018 mendatang.

Pemkab Pasuruan Normalisasi Sungai Kedunglarangan, Target Akhir Tahun Selesai
surya/galih lintartika
Pembangunan tanggul garap normalisasi di Sungai Kedunglarangan 

SURYA.co.id | PASURUAN - Upaya penanggulangan banjir yang kerap melanda di sejumlah titik di Pasuruan saat musim hujan terus dilakukan Pemkab Pasuruan. Kali ini, Pemkab menggarap normalisasi di Sungai Kedunglarangan. Rencananya, normalisasi akan dilakukan sepanjang 7 km.

Saat ini sudah 20 persen garapan yang sudah direalisasikan. Rencananya, normalisasi Sungai Kedunglarangan membutuhkan waktu yang panjang dan targetnya akan selesai Desember 2018 mendatang.

Kepala Dinas PU Sumberdaya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka, mengatakan rencana normalisasi Sungai Kedunglarangan tidak menemui kendala berarti.

Sempat ada kendala saat naiknya air pasang di musim penghujan beberapa waktu lalu dan itu sangat jelas mengganggu pekerjaan.

"Sungai ini panjang, serta sangat lebar, makanya untuk menyelesaikan 7 km ini membutuhkan waktu untuk pengerukan cukup lama. Kalau secara keseluruhan, baru sekitar 20 persen yang direalisasikan,” kata Hanung, Jumat (24/8/2018).

Hanung menerangkan, normalisasi Sungai Kedunglarangan ini selain pengerukan, juga akan dilakukan pelebaran sungai. Dari yang semula 30 meter, nantinya bisa mencapai 60 meter hingga 80 meter.

Di samping kegiatan normalisasi, juga dilakukan pembangunan tanggul. Direncanakan, tinggi tanggul tersebut mencapai 3 meter.

"Tujuannya untuk meningkatkan daya tampung air sungai yang kerap menjadi pemicu banjir untuk wilayah Bangil tersebut. Proyek peninggian tanggul ini dijalankan BBWS Brantas dan memakan biaya Rp 192 miliar. Dana tersebut direalisasikan secara multiyears," tutupnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help