Khofifah Siap Bangun 10 Pondok Pesantren Gratis Usai Dilantik Jadi Gubernur

Khofifah akan mulai membangun 10 pesantren setelah dilantik jadi Gubernur Jatim pada 2019 mendatang.

Khofifah Siap Bangun 10 Pondok Pesantren Gratis Usai Dilantik Jadi Gubernur
surya/fatimatuz zahro
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024 saat sambutan di depan peserta pengajian umum dan halal bi halal Pondok Pesantren Muhyiddin Gebang Kidul, Sukolilo, Kamis (23/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa tahun depan ia akan mulai merealisasikan sejumlah program kerja yang sudah ia janjikan selama masa kampanye.

Salah satunya adalah merealisasikan janji kampanyenya untuk membangun pondok pesantren tempat belajar bagi orang tak mampu. Setidaknya ada sepuluh pondok pesantren yang akan dibangun di 2019 mendatang.

Anggarannya sudah masuk dalam RAPBD 2019 yang disusun Pemprov bersama tim navigasi program Khofifah - Emil. Rencana itu sudah mendapatkan persetujuan dari Pakde Karwo, Gubernur Jawa Timur.

"Pondok pesantren ini nanti akan diisi anak-anak miskin yang anak nelayan, anak buruh panggul, anak petani, anak-anak yang ditinggal orang tuanya menjadi TKW. Mereka bisa menikmati pendidikan pondok pesantren secara gratis," kata Khofifah di depan peserta pengajian umum dan halal bi halal Pondok Pesantren Muhyiddin Gebang Kidul, Sukolilo, Kamis (23/8/2018)

Mantan Menteri Sosial Kabinet Kerja ini mengatakan, anak-anak dari keluarga kurang mampu itu dipastikan bisa menikmati pendidikan suasana pesantren dengan gratis.

Semua akan difasilitasi dari APBD Pemprov Jawa Timur. Rencananya, pondok pesantren ini sudah akan bisa dimanfaatkan tahun ajaran baru tahun 2019 mendatang.

Disampaikan Khofifah, pondok pesantren yang dibangun oleh Pemprov ini bakal dibangun di lahan-lahan pondok pesantren yang sudah ada.

Pondok pesantren yang masih memiliki lahan lebih akan dibangunkan gedung tambahan dari Pemprov untuk dijadikan pondok pesantren khusus anak-anak keluarga tak mampu tersebut.

"Kami sudah dapat empat titik pondok pesantren yang masih punya lahan sisa untuk dibangun pondok pesantren khusus ini. Target kita tahun depan ada 10 titik," tegas Khofifah.

Namun empat titik tersebut Khofifah belum mau menyebutkan. Ia menyebut empat titik itu sudah masuk dalam RAPBD 2019 yang akan disahkan pada 10 November 2018 mendatang.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved