Idul Adha 2018

Perayaan Kurban Taruna Sekolah Pilot Banyuwangi, Mi‎nimal Mengurangi Kangen Kampung Halaman

Para Taruna Taruni sekolah pilot Banyuwangi merayakan Idul Adha tahun ini jauh dari keluarga. Begini cara mereka merayakannya

Perayaan Kurban Taruna Sekolah Pilot Banyuwangi, Mi‎nimal Mengurangi Kangen Kampung Halaman
surabaya.tribunnews.com.haorrahman
Para taruna dan taruni sekolah pilot Banyuwangi bersama-sama mengolah sate saat Idul Adha 2018 

‎Bagi taruna-taruni sekolah pilot di Balai Pendidikan dan Pelatihan (BP2) Penerbang Banyuwangi, Idul Adha tahun ini menjadi perayaan yang berbeda dari sebelumnya.

Apabila perayaan sebelumnya merayakan di kampung halaman, kini mereka merayakan Idul Adha di kawasan Bandara Banyuwangi.

Tahun ini, BP2 Penerbang Banyuwangi kurban tujuh ekor sapi, dan 16 ekor kambing. Daging kurban tersebut dibagikan pada masyarakat sekitar bandara dan kampus BP2 Penerbang Banyuwangi. ‎

Bagi taruna selama pendidikan mereka harus berkumpul dengan senior dan taruna yang lain dari berbagai penjuru nusantara.

"Beda rasanya merayakan Idul Adha di kampung halaman di sini. Biasanya kami berkumpul dengan teman dan keluarga. Tapi sekarang harus ada di asrama," ujar Naufal Alif Fasha Gunawan, taruna angkatan 16 Asal Manokwari Papua Barat, Rabu (22/8).

Baca: Tradisi Mantenan Sapi di Pasuruan Tiap Idul Adha. Sapi Dirias Seperti Pengantin Sebelum Dipotong

Mulai dari Salat Idul Adha hingga penyembelihan hewan kurban, para taruna melaksanakan di kawasan Bandara Banyuwangi.

Naufal mengatakan, dengan merayakan bersama taruna dan senior di asrama yang juga kental rasa kekeluargaan, minimal mengurangi rasa kangen pada kampung halaman.

"Bareng taruna dan senior, membuat kangen ke keluarga di Manokwari berkurang," katanya.

Agung Izzulhaq, taruna penerbang angkatan 15 asal Medan, juga merasakan hal yang sama. Agung mengatakan, pertama kali mengikuti kegiatan Idul Adha di luar kampung halamannya.

"Makanan di Banyuwangi juga enak disini. Tak kalah dengan masakan opor di rumah," kata Agung.

Baca: Sapi Berkaki Dua Lahir di Jember, Warga pun Heboh

Kepala BP2 Penerbang Banyuwangi, Afen Sena mengatakan, pihaknya menggelar prosesi salat dan penyembelihan daging kurban Idul Adha, untuk memberikan nuansa kekeluargaan bagi taruna-taruni yang saat ini tinggal di asrama.

"Kami ingin membangun kekeluargaan. Memang berbeda dengan kampung halaman. Tapi sedikit banyak mengurangi kangen dengan keluarga. Kami siapkan makanan seperti di rumah saat Idul Adha dan aktifitas sosial dengan membagikan daging kurban langsung ke masyarakat," kata Afen. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved