Persona

Lidya Evania Lukito, Ingin Surabaya Lebih Terbuka Pada Musik Klasik

Meski banyak wadah dan fasilitas, namun popularitas musik klasik di Surabaya belum tinggi. Lidya pun ingin masyarakat lebih terbuka.

Lidya Evania Lukito, Ingin Surabaya Lebih Terbuka Pada Musik Klasik
surabaya.tribunnews.com/delya oktovie
Lidya Evania Lukito 

SURYA.co.id | SURABAYA - Musik merupakan hal spesial dalam hidup Lidya Evania Lukito (22).

Tak hanya sebagai untaian nada yang ia mainkan lewat biola, tetapi juga alat berkomunikasi dengan siapa saja.

"Bagi kami para musisi, musik itu bahasa yang sangat universal. Misal kami sama orang lain beda negara dan tidak mengerti bahasanya, tetapi kalau sudah memainkan musik, itu terasa kami connect satu sama lain," kata pemain biola lulusan Violin Performance, Conservatory of Music Universitas Pelita Harapan Surabaya itu, Rabu (22/8/2018).

Lidya telah bertandang ke berbagai festival musik di negara-negara lain.

Dari pengalaman bertualang ke berbagai negara, ia dapat merasakan bahwa musik benar-benar bisa menyatukan orang-orang yang berbeda bahasa. 

Baca: Grebek Kos-kosan, Polisi di Malang Sita Sekoper Ganja

Alumni SMA Gloria 1 Surabaya ini mengikuti festival di Crescendo Music Insitut, Hungaria pada tahun 2015, festival di Apple Hill Center for Chamber Music, Amerika Serikat tahun 2017, serta di Singapura.

Menurut Lidya yang memainkan musik klasik, musik tersebut belum begitu dikenal oleh masyarakat Surabaya.

Tetapi soal wadah dan fasilitas, sudah cukup mumpuni bagi peraih Platinum Award di Singapore Music Teachers Association 2016 dan Juara 1 Semarang Violin Competition tingkat nasional 2015 itu.

"Menurut saya kalau secara acara-acara musik klasik, Surabaya sudah cukup bagus. Setidaknya bagi orang-orang yang suka atau sedang belajar musik klasik, punya wadah belajar. Tetapi memang belum banyak orang yang terbuka dengan musik klasik," ujarnya.

Baca: Bulu Tangkis Asian Games 2018, Susunan Pemain Tim Putra Indonesia vs China di Final

Penggemar Itzhak Perlman dan Maxim Vengerov ini menyebut banyak anak muda Surabaya yang bertalenta di bidang musik klasik.

Apresiasi yang diberikan sudah cukup baik, namun bisa ditingkatkan lagi jika masyarakat Surabaya mau membuka diri pada jenis musik lain.

"Harapannya semoga masyarakat Surabaya terbuka dengan kultur musik klasik. Meski tidak mempelajari, tapi bisa dari sekadar mendengarkan. Supanya masyarakat terbuka dengan musik semua genre," kata pemilik akun Instagram @lidyaevania itu.

Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help