Idul Adha 1439 H

Kali Pertama, Gubernur Jatim Terpilih Khofifah Serahkan Hewan Kurban di Masjid Al Akbar Surabaya

Secara simbolis Khofifah menyerahkan hewan kurbannya kepada Direktur Tarbiyah Masjid Al Akbar Surabya H Abdul Said Syarifuddin.

Kali Pertama, Gubernur Jatim Terpilih Khofifah Serahkan Hewan Kurban di Masjid Al Akbar Surabaya
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa bersama ketiga anaknya, Patimasang, Jalaluddin Mannagali, dan Yusuf Mannagali menyerahkan secara simbolis hewan kurban di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (22/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jawa Timur untuk juga memetik hikmah demokrasi dalam keluarga di momen Idul Adha kali ini.

Diwawancara usai salat Ied dan menyerahkan hewan kurban di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (22/8/2018), Khofifah menyampaikan bahwa ada dua hal yang bisa dipetik dalam hari raya kurban.

Pertama tentang bagaimana ketaqwaan seseorang Nabi Ibrahim atas perintah Allah yang disampaikan lewat mimpi untuk menyembelih putranya Nabi Ismail.

Perintah itu dilaksanakan dengan ikhlas oleh Nabi Ibrahim dengan dasar keimanan yang kuat.

Sedangkan kedua adalah bagaimana komunikasi antara ayah dan anak yang menyimbolkan adanya demokrasi yang kuat dalam keluarga.

"Jadi saat Nabi Ibrahim mengatakan kepada Nabi Ismail kalau saya bermimpi bahwa saya membunuhmu apa pendapatmu itu yang disampaikan Nabi Ibrahim kepada Nabi Ismail," kata Khofifah.

Menurut Khofifah hal itu merupakan pembelajaran bagi seluruh keluarga umat muslim bahwa sebenarnya demokrasi dalam keluarga itu sudah selayaknya dibangun.

"Seluruh orang tua sebaiknya mengajak anaknya diskusi.  Menurut saya itu adalah refleksi yang juga patut kita petik," imbuhnya.

Dikatakan wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini, nilai demokrasi keluarga itu kerap terlewat. 

Padahal menurutnya demokrasi menjadi salah satu pondasi dalam mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah dengan saling menghormati dan menghargai pendapat diantara anggota keluarga.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved