Berita Madura

Merawat Tradisi Toron Idul Adha, Ribuan Masyarakat Madura Perantauan Kembali ke Kampung Halaman

Ribuan masyarakat Madura yang merantau di berbagai tempat menjalankan tradisi Toron, pulang kampung saat Idul Adha.

Merawat Tradisi Toron Idul Adha, Ribuan Masyarakat Madura Perantauan Kembali ke Kampung Halaman
facebook.com/surya online
Ribuan sepeda motor antre masuk jembatan Suramadu, Selasa, 21 Agustus 2018. Para pengendara motor ini hendak pulang kampung (toron) ke Madura untuk merayakan Idul Adha di kampung halaman. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Semakin sore, ruas jembatan Suramadu yang menuju ke arah pulau Madura kian ramai, Selasa, 21 Agustus 2018.

Ribuan pengendara motor memenuhi ruas jalan tersebut. Mereka adalah warga Madura perantauan yang hendak pulang kampung untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga.  Dalam tradisi Madura, pulang kampung saat Idul Adha ini disebut Toron

Banyaknya kendaraan yang ingin melintasi Jembatan Suramadu membuat kemacetan panjang sekitar 1 kilometer, hingga Perempatan Kedung Cowek dan berimbas di Jalan Putro Agung Kulon.

Baca: Toron Tradisi Mudik Idul Adha Dimulai, Jembatan Suramadu Mulai Dipadati Pengendara Motor

Salah seorang pemudik, Febi Yulianto, warga Sampang Madura terlihat sedang menunggu seorang kerabat di sisi kiri pintu masuk jembatan untuk bisa menyeberang bersama-sama.

Remaja 18 tahun ini mengaku sudah kewajiban bagi warga madura untuk pulang ke kampung halaman, menyambut Idul Adha bersama keluarga besar.

"Dimana pun berada, pokoknya harus pulang dan berkumpul bersama. Dulu saya di Jakarta waktu Idul Adha ya balik ke Madura, dimana pun," katanya sambil merapikan barang bawaan.

Febi mengatakan, dia dan keluarga yang berada di luar kota merasa punya kewajiban menjaga tradisi pulang ke kampung halaman. Terlebih saat ini fasilitas penyeberangan, Jembatan Suramadu memudahkan perjalanan.

"Dulu tahun 2000-an saya mudik itu masih pakai kapal, repot. Sekarang gampang," tutupnya.

Baca: Mabes Polri Bongkar Praktik Calo SIM di Satpas Kediri. Calo, PNS Polri, dan Sejumlah Perwira Diciduk

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved