Berita Gresik

Aparat Gresik Peringati HUT Ke- 73 RI, Polisi dan TNI Kibarkan Bendera 173 Meter di Pantai Delegan

Polres dan TNI di Gresik memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia dengan membentangkan bendera Merah Putih 173 meter.

Aparat Gresik Peringati HUT Ke- 73 RI, Polisi dan TNI Kibarkan Bendera 173 Meter di Pantai Delegan
surya/sugiyono
Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter digelar TNI/Polri di Pantai Delegan Gresik dalam rangka peringatan HUT ke-73 RI, Minggu (19/8/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Anggota Polres dan TNI di Gresik memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia dengan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 173 meter di pantai Delegan, Minggu (18/8/2018).

Pembentangan Merah Putih itu tujuannya menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, saat meninjau kegiatan car free day di Jl Jaksa Agung Suprapto Gresik mengatakan bahwa pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 173 meter itu untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang mengibarbarkan Merah Putih di nusantara pada 17 Agustus 1945.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan bahwa pembentangan bendera merah putih ini untuk meningkatkan semangat nasionalisme para anggota Polri dan TNI dalam menjalankan tugas keamanan di masyarakat. Sebab, berbagai suku dan budaya dijumpai anggota saat bertugas di masyarakat.

"Kita tetap menjaga keutuhan masyarakat dengan melihat bendera merah putih yang kita bentangkan. Sehingga anggota tidak membeda-bedakan suku, ras dan agama dalam menjaga keamanan masyarakat," kata Wahyu, Minggu (19/8/2018).

Oleh karena itu, mantan Kapolres Bojonegoro ini mengajak para pejabat untuk bersyukur atas kemerdekaan yang sudah diraih para pejuang. 

"Marilah kita sama-sama mengibarkan bendera merah putih sebagai bentuk wujud bersyukur kepada Allah SWT dan syukur kita kepada para perjuang yang telah mengibarkan bendera merah putih hingga merdeka," katanya.

Dari pembentangan bendera merah putih itu, diharapkan bisa mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Gresik yang berbagai suku dan agama.

"Mari kita eratkan persatuan dan kesatuan bangsa kita untuk menjunjung tinggi 4 pilar Bangsa Indonesia antara lain Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI," imbuhnya.

Wahyu mengatakan pembentangan bendera merah putih ini untuk mengisi hari ulang tahun (HUT) ke -73  Republik Indonesia. Sehingga semangat merah putih dapat terus tumbuh pada generasi muda.

"Semangat merah putih kita terus kibarkan bersama-sama dan tetap menjaga Harkamtibmas diwilayah Gresik," katanya.

Wahyu menambahkan, saat ini semangat perjuangan dan persatuan harus digelorakan sehingga masyarakat dan generasi muda akan terus mengingat perjuangan para pahlawan.

"Semoga kedepan kita tetap dapat mewujudkan semangat kekompakan dalam mengisi kemajuan bangsa Indonesia, sehingga semangat kerja kita sebagai prestasi bangsa dapat terwujud," imbuhnya.

Masyarakat Pantai Delegan Kecamatan Panceng yang melihat pembentangan bendera merah putih itu mengatakan sangat terharu sampai meneteskan air mata dan tubuh gemetar.

"Bangga saya melihat bendera Merah Putih sepanjang itu. Hati saya sampai bergetar dan terharu sampai menetaskan air mata," kata Suparlan. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help