Citizen Reporter

Alat Karya Mahasiswa Ini Bantu UKM Sandal

Jika cara konvensional dapat memasang lima tali sandal dalam waktu dua menit, Apatik dapat memasang lima tali sandal hanya dalam waktu satu menit.

Alat Karya Mahasiswa Ini Bantu UKM Sandal
ist

Jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia cukup banyak. Di wilayah Malang, terdapat banyak UKM yang berkembang. Salah satunya adalah CV Sinar Sejati yang berada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

CV Sinar Sejati memproduksi sandal spons. Dalam proses produksinya, pelaku usaha di UKM itu masih menggunakan cara manual yang tentunya kurang efektif untuk menghasilkan banyak barang dalam waktu yang singkat.

Lima mahasiswa Politeknik Negeri Malang melalui Program Kreativitas Mahasiswa mengembangkan Alat Pemasang Tali Sandal Jepit Pneumatik (Apatik).

Kelompok yang terdiri atas empat mahasiswa dari Teknik Mesin, yaitu Moch Zaenal Fanani, Muhammad Arif Nur Huda, Muchlis Dwi Ardiansyah, dan Aditya Wahyu Satria Yulianto serta Kurnia Tri Cahyani dari Teknik Kimia mengembangkan Apatik yang dapat membantu CV Sinar Sejati selaku mitra dalam meningkatkan hasil produksinya.

Apatik merupakan alat yang dirancang guna mempercepat proses pemasangan tali sandal. Prinsip kerja alat itu adalah menggunakan sistem pneumatik dengan aktuator berupa silinder double action yang pistonnya didesain menyerupai alat jepit untuk menarik tali sandal yang akan dipasang.

Jika cara konvensional dapat memasang lima tali sandal dalam waktu dua menit, Apatik dapat memasang lima tali sandal hanya dalam waktu satu menit.

“Kami berharap kebermanfaatan Apatik dapat diperluas. Kami berharap Apatik dapat diproduksi massal agar home industry sandal dapat terbantu,” ungkap Zaenal selaku ketua dari tim penggagas Apatik yang ditemui Senin (13/8/2018).

Inovasi itu terbukti membantu UKM. Dalam waktu dekat, Zaenal dan timnya juga akan mempresentasikan hasil inovasinya dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasan Basri Maulana Firmansyah
Mahasiswa Program Studi Otomotif Elektronik
Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
hasan.bsr46@gmail.com
IG: @san_rocky

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help