Berita Gresik

Warga Sembayat Gresik Peringati HUT Ke - 73 RI, Berbusana Adat Karak Ogoh-ogoh, begini Meriahnya

Warga Desa Sembayat Kecamatan Manyar menggelar karnaval untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia.

Warga Sembayat Gresik Peringati HUT Ke - 73 RI, Berbusana Adat Karak Ogoh-ogoh, begini Meriahnya
SURYAOnline/sugiyono
KARNAVAL - Ogoh-ogoh kegiatan umat Hindu di Bali ikut memeriahkan karnaval HUT ke -73 RI di Desa Sembayat Kecamatan Manyar, Jumat (17/8/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Warga Desa Sembayat Kecamatan Manyar menggelar karnaval untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia. Berbagai kreasi miniatur binatang, pakaian adat, dan hiasan ditampilkan masyarakat.

Kemeriahan itu terlihat dari berbagai miniatur ogoh-ogoh yang dilengkapi lampu hias dan lantunan musik sehingga membuat masyarakat dari muda-mudi dan orang dewasa menikmati penampilan kesenian tradisi.

Masyarakat semangat berkreasi mengenakan berbagai busana adat seluruh Indonesia sehingga menambah pengetahuan bagi warga yang menyaksikan karnaval memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

"Kegiatan ini dilakukan dua tahun sekali. Sehingga diadakan dengan meriah. Kalau dulu setiap tahun. Tapi karena kebijakan masyarakat sehingga diadakan setiap dua tahun sekali," kata Zaki Faisal warga RT 19, Desa Sembayat Kecamatan Manyar, Jumat (17/8/2018).

Kegiatan rutin itu diharapkan menjadi tradisi dan pariwisata bagi masyarakat Gresik. Sebab, kegiatan tersebut perwujudan  kesenian tradisional seluruh Indonesia.

"Masyarakat menginginkan agar Pemkab Gresik menjadikan acara karnaval Desa Sembayat ini menjadi pariwisata yang bisa menarik perhatian masyarakat Indonesia pada umumnya," imbuhnya.

Acara ini sempat memacetkan lalu lintas di Jl Raya Sembayat lantaran jalan tersebut merupakan jalur utama jalan Daendels pantai Utara Gresik.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved