Grahadi

Beranda Grahadi

Dini Hari, Pakde Karwo Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Bangsa

Pakde Karwo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Surabaya, Jumat (17/8/2018), tepat pukul 00.00 WIB.

Dini Hari, Pakde Karwo Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Bangsa
ist/Humas Pemprov Jatim
Pakde Karwo ketika memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Surabaya, Jumat (17/8/2018), tepat pukul 00.00 WIB. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo (Pakde Karwo) memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Surabaya, Jumat (17/8/2018), tepat pukul 00.00 WIB.

Apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke 73 Republik Indonesia.

"Kami yang hadir hari ini, mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa bangsa yang telah bersemayam di makam ini," ujar Pakde Karwo saat membacakan naskah AKRS yang telah bersemayam di area TMP Kusuma Bangsa, yakni TNI 332 orang, Polri 36 orang, Pegawai Negeri Sipil 175 orang, Pejuang Rakyat 7 orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak 334 orang.

Baca: Pakde Karwo: Konsep Pembangunan Jatim Adalah Pembangunan Manusia Seutuhnya

Begitupun para pahlawan tak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan di dasar lautan.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keiklasan dan kesucian. Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi nusa dan bangsa," tutur Pakde Karwo.

Selain itu, juga bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami dan jalan kepastian yang pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga.

“Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sebaik baiknya,” imbuhnya.

Apel kehormatan dan renungan suci dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pj. Sekdaprov Jatim, Jumadi dan Organisasi Piminan Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur . selain itu, AKRS juga diikuti oleh anggota TNI/Polri, PNS, Satpol PP Kota Surabaya, Pramuka dan organisasi masyarakat.

Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 berikutnya adalah, upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan HUT RI ke 73 di Gedung Negara Grahadi, resepsi kenegaraan, ramah tamah dengan pejuang/veteran serta upacara penurunan bendera merah putih. (hms)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved