Berita Tuban

207 Napi Lapas Tuban Dapat Remisi di HUT Kemerdekaan RI ke 73, Dua Bebas Tanpas Syarat

Mereka bebas karena sisa masa tahanan sesuai dengan remisi yang diberikan.

207 Napi Lapas Tuban Dapat Remisi di HUT Kemerdekaan RI ke 73, Dua Bebas Tanpas Syarat
Surya/M Sudarsono
Dapat remisi, dua napi Tuban hirup udara bebas pada HUT RI ke 73 

SURYA.co.id | TUBAN - Momen kemerdekaan menjadi harapan bagi setiap narapidana atau warga binaan permasyarakatan (WBP) untuk memperoleh remisi. Seperti halnya WBP Lapas IIB Tuban.

Sebanyak 207 narapidana mendapat pengurangan hukuman di HUT Kemerdekaan RI ke 73. Dua di antaranya dinyatakan bisa menghirup udara segar alias bebas tanpa sayarat.

Kalapas IIB Tuban, Sugeng Indrawan mengatakan, remisi diberikan kepada WBP yang menjalani masa tahanan minimal enam bulan. Selain itu, juga yang berkelakuan baik selama di dalam lapas.

Pengurangan masa tahanan diberikan minimal satu bulan hingga maksimal lima bulan.

"Dua dinyatakan bebas yaitu Ahmad Yani dan Rahadi Prastyo. Untuk 205 lainnya belum bebas, hanya mendapat pengurangan masa hukuman," ujar Kalapas kepada wartawan, Jumat (17/8/2018).

Dijelaskan Sugeng, untuk Ahmad Yani kasus 378 mendapat pengurangan hukuman tiga bulan. Sedangkan untuk Rahadi, dikenakan pasal 372 mendapat pengurangan hukuman satu bulan.

Mereka bebas karena sisa masa tahanan sesuai dengan remisi yang diberikan.

"Keduanya mendapat remisi umum dua, sudah bebas dan boleh pulang," terang Kalapas.

Sementara itu WBP yang bebas, Ahmad Yani menyatakan senang di hari kemerdekaan ini dia bisa menghirup udara bebas di luar. Napi asal Lamongan itu menambahkan sudah menghuni jeruji besi akhir 2016.

Saat kembali ke kampung halaman, dia akan berusaha untuk tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum, agar tidak menghuni lapas yang ke dua.

"Senang hari ini bebas, ini sudah bisa pulang ke rumah. Nanti akan adaptasi lagi di kampung halaman," ucapnya terharu.(nok)

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help