Berita Malang Raya

Ke Malang, Khofifah Lakukan Navigasi untuk Wujudkan Swasembada Daging di Jawa Timur

Khofifah mengatakan ditawari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyuplai kebutuhan daging di Ibu Kota

Ke Malang, Khofifah Lakukan Navigasi untuk Wujudkan Swasembada Daging di Jawa Timur
surya/fatimatuz zahro
Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | MALANG - Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa, terus melakukan navigasi program demi mewujudkan swasembada daging di Jawa Timur. Khofifah berupaya menemui sejumlah pihak untuk mendata berapa persen daging yang bisa dipenuhi oleh peternakan untuk menyuplai kebutuhan daging di Jawa Timur.

"Saya ingin memetakan detail berapa kebutuhan sapi dan daging sapi di Jawa Timur serta ingin tahu Jawa Timur ini bisa menyiapkan berapa persen dari kebutuhan daging itu," kata Khofifah.

Mengingat saat ini Jawa Timur masih besar angka impor dagingnya. Jika bisa dipenuhi dari dalam Jawa Timur seharusnya impor tidak perlu dilakukan. Khofifah sempat bertemu dengan Fakultas Kedokteran Hewan (RKH) Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB) dan juga sejumlah supplier dan pihak yang berkecimpung dalam teknologi peternakan.

"Ini dalam upaya supaya bisa diintervensi teknologi peternakannya yang cocok bagaimana, indukan yang berkualitas juga harus didapatkan serta upaya pembesaaran dan penggemukan sapi," kata Khofifah.

Di sisi lain, Khofifah mengatakan sempat ditawari oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyuplai kebutuhan daging di DKI yaitu sebesar 650.000 sapi per tahun.

Sebelum menjawab, Khofifah ingin tahu bagimana kondisi sapi di Jawa Timur sendiri. Sebab Khofifah ingin swasembada daging di Jawa Timur bisa terwujud lebih dulu.

Hal itu sempat ia utarakan dengan Rektor UB, namun tampaknya masih belum mendapatkan kesimpulan yang baik. Oleh sebab itu ia ingin melakukan navigasi detail terkait supplai daging di Jawa Timur ini.

Ke depan Khofifah ingin ada pengembangan lahan untuk pembesaran indukan sapi yang berkualitas. Agar bisa menyuplai kebutuhan daging tanpa harus impor.

"Di Jawa Timur harus ada sentra indukan sapi. Ini harus mulai disiapkan. Sebab di banyak negara sudah lama dibuat sentra indukan sapi agar memastikan kualitas indukan sapi ternak dalam kondisi baik," kata Khofifah

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved