Berita Bangkalan Madura

Bendera Merah Putih Sepanjang 7,5 Kilometer di Universitas Trunojoyo Pecahkan Rekor MURI

Bendera merah putih sepanjang 7,5 km yang dibentangkan Maba Universitas Trunojoyo Madura sukses memecahkan Rekor MURI.

Bendera Merah Putih Sepanjang 7,5 Kilometer di Universitas Trunojoyo Pecahkan Rekor MURI
Surya
Mahasiswa Baru UTM membentangkan Bendera Merah-Putih sepanjang 7,2 kilometer mulai dari pertigaan Jalan Raya Desa Telang Kecamatan Kamal, di dalam lingkungan kampus, hingga ke arah akses menuju Jembatan Suramadu, Kamis (16/82018). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Semangat mahasiswa baru (maba) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dalam merajut dan membentang bendera sepanjang 7.500 meter atau 7,5 kilometer langsung tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Kamis. 16 Agustus 2018.

"Kami mencatat sebagai rajutan dan pembentangan bendera terpanjang di Indonesia," ungkap Manajer MURI Ariani Siregar kepada Surya.

Ada pebedaan hasil pengukuran Bendera Merah-Putih antara pihak UTM dan MURI. Pihak kampus mencatat sepanjang 7.200 meter. Sedangkan hasil pengukuran pihak MURI sepanjang 7.500 meter.

Ariani menambahkan, rekor Bendera Merah-Putih terpanjang sebelumnya dipegang Polrestabes Semarang, Polda Jawa Tengah dengan bendera sepanjang 2.300 meter.

Rektor UTM Muh Syarif (tengah) bersama Manajer MURI Ariani Siregar (kedua dari kanan) dalam sesi penobatan Rekor MURI kategori Perajutan dan Pembentangan Bendera Merah-Putih terpanjang di Kampus UTM, Kamis (16/8/2018)
Rektor UTM Muh Syarif (tengah) bersama Manajer MURI Ariani Siregar (kedua dari kanan) dalam sesi penobatan Rekor MURI kategori Perajutan dan Pembentangan Bendera Merah-Putih terpanjang di Kampus UTM, Kamis (16/8/2018) (surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol)

Baca: Ratusan Pemuda Kediri Kirab Bendera Merah Putih Berukuran Raksasa

Baca: Tiga Pilar Situbondo Bentangkan Bendera Merah Putih 73 Meter di Pasir Putih

Membentangkan Bendera Merah-Putih sepanjang itu membutuhkan sedikitnya 3.837 mahasiswa. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) Maba UTM yang digelar selama lima hari, 13 - 17 Agustus 2018.

"Mereka merajut sendiri bendera itu. Ini pertama kali dan menjadi bendera terpanjang di Indonesia," ungkap Rektor UTM Muh Syarif.

Ribuan mahasiswa itu berbaris rapi sambil membentangkan Merah-Putih mulai dari pertigaan Jalan Raya Desa Telang Kecamatan Kamal, di dalam lingkungan kampus, hingga ke arah akses menuju Jembatan Suramadu.

Universitas UTM membentangkan Bendera Merah-Putih sepanjang 7,2 kilometer pada peringatan Hari Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia, Kamis (16/8/2018).

"Kami sengaja menyelipkan kegiatan tersebut dalam PKK Maba sebagai wujud dari upaya pembentukan karakter mahasiswa," pungkasnya. 

Baca: Ajaib, Tertabrak dan Terseret Truk Hingga 5 Meter, Pengendara RX King di Bojonegoro Sehat Walafiat

Baca: Berlagak Seperti Tamu Resepsi, Wanita di Kediri Bobol Kamar Pengantin dan Curi Amplop isi Uang

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved