Berita Surabaya

Khofifah akan Bangun Spot Wisata Edukasi dan Penelitian Surya Majapahit di Mojokerto. Mirip TMII

Surya Majapahit akan menjadi spot pariwisata baru yang akan dibangun untuk sarana edukasi dan penelitian

Khofifah akan Bangun Spot Wisata Edukasi dan Penelitian Surya Majapahit di Mojokerto. Mirip TMII
surya/fatimatuz zahro
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak bersama tokoh pengusaha termasuk HM Yos Sutomo merapatkan pembangunan Surya Majapahit, Selasa (14/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kebesaran dan kejayaan masa lalu Nusantara sangat kental dengan zaman kerajaan Majapahit. Sumpah Palapa yang diikrarkan oleh Gajah Mada untuk menyatukan nusantara juga tak bisa dilepaskan kaitannya dengan Jawa Timur sebagai pusat kerjaaan Majapahit.

Atas dasar ingin membangkitkan memori sejarah kebesaraan Nusantara itulah, Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, berencana membangun Surya Majapahit begitu ia menjabat.

Surya Majapahit akan menjadi spot pariwisata baru yang akan dibangun untuk sarana edukasi dan penelitian yang kental dengan membangkitkan memori kejayaan Nusantara bersama Kerajaan Majapahit.

Perencanaan pembangunan Surya Majapahit ini mulai dibicarakan bersama sejumlah tokoh pengusaha di Jawa Timur, Selasa (14/8/2018).

Sejumlah tokoh pengusaha tampak hadir di rumah Khofifah, salah satunya seperti tokoh pengusaha Islam Tionghoa HM Yos Sutomo, Bambang Sulistomo yang tak lain putra kandung pejuang Bung Tomo, serta Yohannes Yahya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri wagub terpilih Emil Elestianto Dardak dan Arumi Bachsin itu, Khofifah mengatakan Surya Majapahit ini rencananya akan dibangun di Mojokerto.

"Saya ingin Surya Majapahit ini akan menjadi bagian dari pengingat sejarah kebesaran Nusantara. Sebab wilayahnya Majapahit lebih luas dari NKRI," kata Khofifah yang diwawancarai usai pertemuan.

Di Surya Majapahit ini juga akan dibangun kearifn lokal daerah, segala sesuatu tentang Majapahit, miniatur kerajaan-kerajaan masa lalu, serta pembangununan di Nusantara yang sudah dilakukan saat ini.

"Miniatur-miniaturnya akan kita tempatkan di sana. Mirip TMII lah," imbuh Khofifah.

Selain itu, di Surya Majapahit itu, akan juga dibangun pusat penelitian arkeologi dan juga penelitian sektor agro.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved