Single Focus

Jual Beli Online Hewan Kurban: Sukses Ijad Farm Berawal dari Bagi-bagi Es Krim ke Teman Sekelas

Nama Ijad Farm diambil dari nama panggilannya, Irsyad, yang sering 'dipermudah' menjadi Ijad.

Jual Beli Online Hewan Kurban: Sukses Ijad Farm Berawal dari Bagi-bagi Es Krim ke Teman Sekelas
foto: ist
Muhammad Ali Irsyad (kiri) dengan hewan kurban siap kirim. 

SURYA.co.id, SURABAYA - Muhammad Ali Irsyad (23) ditemani celana kargo 3/4, kemeja polo, serta topi lebar ala koboi. Earphone bluetooth tak pernah meninggalkan telinga kanannya, ia harus segera menjawab telepon dari pelanggan maupun investornya.

Ia menyodorkan sebuah tablet hitam, sambil menunjukkan beberapa media sosial yang dimiliki bisnis kurban online-nya, yaitu Ijad Farm.

"Kami punya Instagram, Facebook dan website, tetapi untuk saat ini website kami www.ijadfarm.com sedang under maintenance, karena pesanan yang masuk sering overload akhir-akhir ini, jadi kami sedang migrasi server ke yang lebih besar," tuturnya, Sabtu (11/8/2018).

Nama Ijad Farm diambil dari nama panggilannya, Irsyad, yang sering 'dipermudah' menjadi Ijad.

Ijad memulai bisnis kurban online enam tahun yang lalu, ketika ia masih menjadi siswa IPS SMA Negeri 5 Surabaya.

Suatu ketika, temannya mengajaknya bisnis kurban, tetapi karena mereka tak memiliki uang, mereka tidak bisa kulak hewan kurban. Jumlah uang yang mereka genggam saat itu hanya sebesar Rp 250.000.

"Yang kami punya saat itu hanya uang Rp 250.000 itu tok. Jadi hal yang bisa kami lakukan adalah membantu peternak kenalan kami untuk memperjualbelikan kambing dan hewan ternak lainnya. Jadi uang Rp 250.000 itu untuk budget marketing," ujar lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga tersebut.

Ia merasa tak bisa banyak berharap dari uang marketing yang hanya sejumlah itu.

Ia dan kawannya pun memutar otak, dan memutuskan menggunakan Rp 100.000 untuk print brosur, dan Rp 150.000 sisanya untuk membeli 15 buah es krim.

Ternyata, kunci kesuksesan Ijad bukan berasal dari brosur yang ia sebar, karena hanya dibuat main pesawat-pesawatan oleh teman-teman sekolahnya.

Halaman
123
Penulis: Delya Octovie
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help