Berita Surabaya

Bertemu Suciwati, Khofifah Bakal Bangun Museum Omah Munir lewat Hibah Pemprov

Suciwati, istri pejuang HAM Munir Said Thalib, bertandang ke kediaman Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa, Selasa (14/8/2018) sore.

Bertemu Suciwati, Khofifah Bakal Bangun Museum Omah Munir lewat Hibah Pemprov
surya/fatimatuz zahro
Suciwati, istri pejuang HAM Munir Said Thalib (baju putih) bertandang ke kediaman Gubernur Jawa Timur terpilih  Khofifah Indar Parawansa, Selasa (14/8/2018) sore. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Suciwati, istri pejuang HAM Munir Said Thalib, bertandang ke kediaman Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, Selasa (14/8/2018) sore.

Kedatangan Suciwati tersebut selain untuk mengucapkan selamat juga ingin mengomunikasikan terkait upaya pendirian Museum HAM Omah Munir yang diinisiasi oleh keluarga dan komunitas pejuang HAM Indonesia.

"Yang pasti kita mau bilang bahwa kita sedang mendorong untuk membuat museum HAM Omah Munir menjadi milik negara," kata Suciwati.

Musim ini nantinya bisa dimiliki Pemprov atau Pemertintah Kota. Karena saat ini, pihak Pemerintah Kota Batu sudah memberikan lahan untuk membangun museum itu.

Pemberian lahan diberikan Pemkot Batu dalam sistem pinjam pakai dengan luas lahan sebesar pinjamkan tanah 2.000 meter lebih.

"Kita berharap Pemprov bisa membantu, karena ini kan penting sebagai museum yang mewakili penegakan HAM supaya ada di Indonesia. Karena selama ini negara kita terpuruk dalam hal penegakan HAM," imbuh Suci.

Sebelumnya, Suci mengaku berharapnya ke museum ini akan difasilitasi oleh pemerintah pusat. Namun lantaran ia belum tahu siapa presiden ke depan, maka ia lebih memilih untuk meminta bantuan pemerintah provinsi.

Dari pembicaraan dengan Khofifah, ia mengaku melihat semangatnya yang sama. Bahkan Khofifah langsung menghubungkan permasalahan ini pada Dinas Pariwisata dan memintanya untuk berdialog langsung dengan Suciwati di kediamannya.

"Yang pasti kita ingin museum ini bisa menjadi museum untuk belajar tentang HAM. Seperti di embrio Omah Munir di rumah saya," katanya.

Nanti museum itu akan dijadikan tujuan untuk anak-anak SMA, SMP, dan universitas untuk menjadi ruang diskusi dan belajar tentang hak asasi manusia.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help