Berita Kediri

Potret Deviola dan Brigitta yang Belajar Otodidak Jadi Penyanyi Sinden Campursari

Dua penyanyi cantik Deviola (19) dan Brigitta (18) telah lama menjadi langganan penyanyi sinden karawitan.

Potret Deviola dan Brigitta yang Belajar Otodidak Jadi Penyanyi Sinden Campursari
surya/didik mashudi
Deviola dan Brigitta dua penyanyi sinden campursari. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Dua penyanyi cantik Deviola (19) dan Brigitta (18) telah lama menjadi langganan penyanyi sinden karawitan campursari di acara resmi dan hiburan masyarakat. Kedua cewek ini mampu tampil kompak saat berduet di atas panggung. Hampir semua lagu-lagu campursari telah dikuasainya.

 Kedua penyanyi sinden campursari ini mengawali kariernya saat masih duduk di bangku SMPN 6 Kota Kediri. Semula kedua penyanyi tampil karena dipaksa untuk menyanyi. Namun dari keterpaksaan itu yang mampu menumbuhkan bakatnya sebagai penyanyi campursari.

Malahan bersama dengan grup teman sesama SMP masih sering tampil mengisi acara resmi dan hiburan. Deviola warga Desa Semen, Kabupaten Kediri sekarang telah lulus sekolah SMKN 3 dan Brigitta yang tinggal di Kelurahan Bujel, Kota Kediri masih duduk di bangku kelas 3 SMKN 3 Kota Kediri.
Brigitta dan Deviola tampil berduet saat menjadi penyanyi karawitan campursari di acara Manusuk Sima di Taman Tirtayasa, Kota Kediri. Penampilan Brigitta dan Deviola mampu memukau undangan yang hadir dari kalangan pegiat seni di Kota Kediri.

Suaranya yang merdu dengan intonasi yang kuat mampu menyuguhkan penampilan yang menghibur. Kedua penyanyi ini juga sudah terbiasa tampil dengan grup karawitan lainnya.

Brigitta mengaku saat awal menyanyi di bangku SMP sebenarnya kurang begitu tertarik untuk menjadi penyanyi sinden campursari. Namun orangtua dan gurunya terus mendorongnya untuk tekun berlatih.

Karena latihan yang rutin membuatnya mampu menguasai lagu-lagu campurasi terbaru yang lagi hits. "Mulanya memang agak kurang suka dengan lagu-lagu campursari. Namun sekarang menjadi tertarik untuk menyanyi lagu-lagu campursari," ungkapnya.

Darah seni tampaknya mengalir dari kakeknya yang merupakan dalang wayang kulit. Sehingga Brigitta begitu senang dengan seni karawitan. "Waktu awal menyanyi di SMP dulu agak kurang suka. Namun orangtua terus mendorong sehingga akhirnya suka," tambahnya.

Sementara Deviola mengaku awal mula menekuni penyanyi sinden campursari juga mirip dengan Brigitta. Karena pada awalnya kurang begitu tertarik, namun sekarang sangat tertarik dengan lagu-lagu campursari.

Apalagi undangan untuk menyanyi di acara resmi dan hiburan saat ini juga sering diterimanya. "Grup tetap kami karawitan saat masih SMP, tapi juga banyak pihak yang mengundang. Kadang diundang sendiri atau tampil bersama Brigitta," jelasnya.

Deviola juga berharap ke depan tidak hanya menjadi penyanyi saja, tapi juga mampu melahirkan lagu-lagu hasil ciptaan sendiri.

"Kalau tampil dengan grup karawitan lagu- lagunya full dengan campursarian," ungkapnya.

Kesenangan Deviola dengan karawitan juga tidak lepas dari darah seni sang kakek yang merupakan anggota grup kesenian wayang orang. "Kami biasa berlatih secara otodidak di rumah, hanya sesekali saja latihan bersama dengan grup campursari," jelasnya.

Deviola juga bersyukur undangan tampil menjadi penyanyi juga terus mengalir. Apalagi undangan tidak hanya dari Kediri saja tapi juga tampil di luar kota. "Meski tidak sering, tapi ada saja yang mengundang. Soal honor menyanyi patut disyukurinya," ujarnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved