Berita Surabaya

Kabupaten Malang Tertinggi di Jatim Warga Miskinnya, Khofifah Ajak NU Lakukan Program ini

Gubernur Jawa Timur terpilih tahun periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa silaturahmi ke kantor PCNU Kota Malang, Senin (13/8/2018).

Kabupaten Malang Tertinggi di Jatim Warga Miskinnya, Khofifah Ajak NU Lakukan Program ini
surya/fatimatuz zahro
Khofifah Indar Parawansa silaturahmi ke kantor PCNU Kota Malang, Senin (13/8/2018). 

SURYA.CO.ID | MALANG - Gubernur Jawa Timur terpilih tahun periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa silaturahmi ke kantor PCNU Kota Malang, Senin (13/8/2018).

Selain silaturahmi kedatangan Khofifah ke kantor PCNU Kota Malang ini juga sebagai navigasi program dan melakukan upaya penjajakan partnership untuk pemerintahan Jawa Timur ke depan.

"Mengawal NKRI itu saat ini harus komprehensif. Termasuk yang utama SDM NU harus lebih kualitatif karena mengawal NKRI semakin hari semakin berat," ucap Khofifah usai diskusi tertutup bersama Ketua PCNU Kota Malang, jajaran pengurus dan Muslimat.

Tampak hadir pula dalam forum silaturahmi tersebut Ketua PCNU Kota Malang, Kiai Hamzawi, serta juga Ketua Ghufron Marzuki

Mungkin dulu tugasnya menjaga NKRI terpatri adalah tugas banser yang mengawal dengan fisik. Tapi menurut Khofifah sekarang tugas mengawal NKRI itu dalam bentuk mengawal dengan pikiran-pikiran strategis dan juga melalui SDM yang kualitatif

Tidak hanya itu Khofifah juga menyebut pengawalan untuk bisa menjaga NKRI juga dalam bentuk mewujudkan lembaga pondok pesantren yang berkualitas dan juga lembaga pendidikan yang kualitasnya tidak kalah dengan lembaga sekolah luar negeri

"Termasuk dengan cara sejahterakan rakyatnya karena kalau rakyatnya miskin maka bisa Rentan ideologi keislamannya," imbuh gubernur terpilih yang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak ini.

Selain itu dalam kesempatan tersebut Khofifah juga menyampaikan bahwa Malang menduduki posisi teratas untuk tingkat kemiskinan berdasarkan jumlah penduduk atau kuantititasnya.

"Data tahun ini begitu. Kemiskinan tertinggi kuantitas kemiskinannya itu di Kabupaten Malang, ke 2 Jember dan ke 3 Probolinggo," kata Khofifah.

Sedangkan secara persentatif kemiskinan tertinggi Jatim ada di Sampang, ke 2 ada di Bondowoso, dan ke 3 Bangkalan, serta yang ke 4 ada di Situbondo.

Oleh sebab itu menurut Khofifah mengatakan permasalahan ini harus dibantu dilakukan penyisiran. Khofifah meminta NU juga ikut melakukan zooming atau melihat lebih detail ke permasalahan.

Untuk bisa melihat penyebab permasalahan kemiskinan yang ada di masing-masing kecamatan, RT RW di Kabutapen Malang.

"Saya ingin nanti ada semacam desa binaan misalnya PCNU memegang wilayah desa A, desa B sehingga diharapkan masing-masing wilayah bisa memiliki best practice untuk titik-titik mana saja yang kita bisa menghadapi masalah kemiskinan," urainya.

Tidak hanya itu Khofifah juga mendorong agar NU Mart yang dikembangkan oleh kantor cabang NU bisa lebih dimaksimalkan fungsi ekonominya untuk juga mengatasi masalah kesejahteraan di Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved