Single Focus

Beli Hewan Kurban lewat Online, Daging Kurban Bisa Dikirim ke Daerah yang Diinginkan

Berkurban adalah kewajiban bagi umat Islam yang mampu dan telah disyariatkan. Seiring kemajuan teknologi, pembelian hewan kurban bisa lewat online.

Beli Hewan Kurban lewat Online, Daging Kurban Bisa Dikirim ke Daerah yang Diinginkan
surya/sutono
Peugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan saat memeriksa kesehatan hewan kurban di salah satu lapak penjual hewan kurban. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Berkurban adalah kewajiban bagi umat Islam yang mampu dan telah disyariatkan. Seiring kemajuan teknologi, proses pembelian hewan kurban tak hanya secara konvensional tapi melalui online. Peminat beli hewan kurban secara online mulai marak, karena sisi kepraktisan dan bisa dikirim ke pelosok daerah.

Ini seperti pengakuan Aprilia (30), warga Jl Medayu Utara V. Perempuan dua anak ini sudah tiga tahun terakhir ini selalu berkurban. Namun pada tahun ini, dia mencoba berkurban secara online lewat bukalapak.

“Kami mencoba beli kurban secara online karena tidak ribet dan tak harus ke tempat penjualan hewan kurban,” ujarnya, Minggu (12/8/2018).

Dengan memakai gawai, dia bisa memilih hewan kurban yang diinginkan. Pada aplikasi bukalapak, ada beberapa pilihan hewan dengan harganya. Harga yang tertera pada hewan kurban, baik sapi maupun kambing, tak jauh beda dengan harga pasaran.

“Saya pikir ini lebih praktis dan efisien. Jika tertarik dengan hewan kurban, tinggal menghubungi penyedia layanan itu dan transfer uang. Bukti transfer dilampirkan pada penyedia layanan,” urainya.

Mengenai proses penyembelihan hewan kurban yang tak bisa dilihat, dia mengakuinya. Namun, dia percaya bahwa penyedia layanan adalah muslim yang mengerti penyembelihan secara syar’i.

“Saya percaya bahwa layanan ini dikelola secara syariat Islam,” katanya.

Hal senada juga diutarakan Slamet Putra (31). Warga Jl Medayu Utara XV ini juga baru pertama kali pesan hewan kurban melalui online di hakikataqiqoh.

Selain karena lebih praktis dan mudah, pembelian hewan kurban secara online punya sisi keungulan pada pengiriman daging hewan ke daerah yang diinginkan.

“Lewat chatting di WhatsApp, saya bisa minta daging hewan kurban dikirim ke daerah dengan penduduk miskin atau kena musibah seperti di Lombok,” terangnya.

Sama seperti Aprilia, dia juga percaya bahwa penyedia layanan ini akan menerapkan syariat Islam ketika penyembelihan hewan kurban.

Apalagi, setelah hari Idul Adha nanti, hewan yang disembelih akan didokumentasi melalui email atau WhatsApp, sehingga tahu hewan itu sudah disembelih atau belum.

“Itu nanti akan didokumentasi dalam bentuk foto dan dikirim ke email,” pungkasnya. 

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help