Berita Sidoarjo

Sekolah Swasta Jatim Masuk Program TisTas. Ini Kata Gubernur Jatim Terpilih Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa seluruh sekolah swasta SMA SMK Jatim juga akan dapat program TisTas.

Sekolah Swasta Jatim Masuk Program TisTas. Ini Kata Gubernur Jatim Terpilih Khofifah Indar Parawansa
surya/fatimatuz zahro
Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa saat hadir di syukuran bersama warga di Kecamaan Sukodono Sidoarjo, Minggu (12/8/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa seluruh sekolah swasta SMA SMK Jatim juga akan dapat program TisTas. Ini setelah pihaknya menghitung ulang dan memverifikasi sekolah swasta untuk mendapatkan program sekolah gratis

Hal itu disampaikan Khofifah saat hadir di Syukuran Pilgub Jatim di Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Minggu (12/8/2018). Khofifah mengatakan tahun 2019 nanti sekolah SMA / SMK negeri dan swasta akan sudah bisa menikmati sekolah gratis

"Insyaallah anggarannya cukup. Tahun depan bapak ibu tidak usah sedih memikirkan biaya sekolah anak di SMA SMK. Mulai tahun depan bisa menikmati sekolah gratis," kata Khofifah di depan ribuan relawan Sukodono.

Menurutnya, ia ingin tidak ada siswa SMA SMK yang putus sekolah. Minimal harus lulus SMA SMK sehingga bisa melanjutkan kuliah atau bekerja. Tidak boleh putus sekolah.

Sebelumnya memang Khofifah masih belum memastikan apakah sekolah SMA SMK swasta akan bisa mendapatkan program sekolah gratis TisTas. Ia hanya memastikan sekolah negeri bisa dipastikan dapat TisTas.

"Sudah, itung-itungannya sudah selesai. Kemarin kan saya bilang SMA SMK negeri yang gratis untuk siswa miskinnya. Setelah kita hitung SMA SMK swasta juga akan dapat TisTas," kata Khofifah

Lebih lanjut ia mengatakan sistem TisTas ini akan mirip penyalurannya seperti Bopda. Dana akan disalurkan melalui sekolah.

Yang bergantung pada jumlah siswa dan akan disalurkan ke sekolah. Nanti yang akan menyeleksi untuk 40 persen siswa miskin yang dapatkan TisTas ini adalah sekolah. Begitu juga dengan sekolah swasta. 

Khofifah menyebutkan sebelum memastikan sekolah swasta mendapatkan TisTas secara keseluruhan, Khofifah mengaku mempertimbangkan sejumlah.

Seperti banyaknya sekolah swasta yang didirikan untuk menengah atas maupun sekolah swasta favorit. 

"Tapi kita sudah putuskan nanti kalau untuk sekolah yang semacam itu akan diberikan pada gurunya yang tidak mampu," kata Khofifah

Dikatakan Khofifah ia sudah berani menyampaikan hal ini ke publik lantaran sudah ada komunikasi dengan Pakde Karwo, Gubernur Jawa Timur, dan selesai menghitung bersama tim navigasi program yang sedang menyusun RAPBD 2019.

Program sekolah gratis ini adalah salah satu janji kampanye Khofifah sekaligus program yang dicanangkan dalam Nawa Bhakti Satya.

Tepatnya dalam program Jatim Cerdas dan Sehat. Dikatakan Khofifah program ini sudah masuk dalam RAPBD 2019 yang kini sedang disusun oleh Tim Navigasi Program. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help