Berita Pasuruan

Perajin Batik Asal Pasuruan Ini Bikin Batik Asian Games 2018. Ini Tujuannya

Ia menjelaskan, Batik Asian Games 2018 ini sengaja dibuatnya secara khusus menjelang pelaksanaan pesta olahraga se-Asia itu.

Perajin Batik Asal Pasuruan Ini Bikin Batik Asian Games 2018. Ini Tujuannya
surya/galih lintartika
Batik khusus Asian Games 2018 karya Mahdi dari Pasuruan 

SURYA.co.id | PASURUAN - Apa yang dilakukan S Mahdi ini terbilang cukup unik. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) , ia sangat antusias menyambut gelaran pesta olahraga Asian Games 2018. Maka dari itu, warga Kelurahan Bugul Lor, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan ini sengaja membuat batik Asian Games 2018.

Ditemui Surya, Jumat (10/8/2018), Mahdi sedang menyelesaikan batik khusus Asian Games 2018. Jemari tangannya sangat lihai memainkan canting. Ia membatik sesuai pola yang sudah digambarnya sebelumnya. Sudah puluhan tahun, Mahdi menjadi perajin batik Kota Pasuruan.

Ia menjelaskan, Batik Asian Games 2018 ini sengaja dibuatnya secara khusus menjelang pelaksanaan pesta olahraga se-Asia itu. Ia menyebut, batik ini didedikasikan kepada Indonesia, karena Indonesia tahun ini sebagai tuan rumah.

Di sisi lain, ia juga ingin memberikan support dan dukungan kepada para atlet Indonesia yang akan berlaga.

"Doa dan harapannya semua cabang olahraga dalam kejuaraan yang dipertandingkan bisa mendapatkan juara untuk Indonesia. Tujuannya agar perolehan medali dan poinnya maksimal," katanya di sela - sela kesibukannya.

Ia menjelaskan, sejak kecil, ia merupakan pecinta olahraga. Nah, bagi dia, tahun ini tahun istimewa karena Indonesia tuan rumah dalam pesta olahraga se-Asia.

"Saya dukung Indonesia dan saya siap berangkat ke Jakarta dan Palembang untuk mendukung Indonesia," jelasnya.

Mahdi menjelaskan, nantinya batik Asian Games 2018 ini akan digunakan saat pelaksanaan Asian Games.

"Saya akan pakai batik Asian Games 2018. Batik ini identitas Indonesia. Di sini ada banyak jenis batiknya. Nah, saya ingin memperkenalkan batik Khas Kota Pasuruan kepada Indonesia, Asia, bahkan dunia. kami punya warisan budaya batik yang melegenda," paparnya.

Ia berharap, Indonesia bisa keluar menjadi juara umum dalam Asian Games 2018 ini. Rencananya, selain datang dan mendukung Indonesia, ia juga sudah mendapatkan tawaran untuk membuat pameran di Palembang dan Jakarta untuk Asian Games ini.

Sejauh ini, ia mengaku belum memiliki pemikiran untuk memproduksi massal batik asian games asal Kota Pasuruan. Ia hanya memikirkan batik ini digunakannya sendiri.

"Tapi jujur permintaan dari beberapa teman dan kolega sudah ada. Ya lihat pasar saja nanti, kalau memang memungkinkan saya akan produksi. Kalau tidak, saya akan gunakan batik ini untuk dukung Indonesia, Tidak saya produksikan secara partai besar," terangnya.

Dijelaskannya, batik Asian Games 2018 ini identik dengan cora batik khas Kota Pasuruan. Ada aksen dan sentuhan corak daun sirih atau burung podang. Keduanya merupakan ciri batik khas Kota Pasuruan.

"Batiknya saya kombinasikan dengan pernak - pernik Asian Games 2018. Semoga harapan dan doa saya sekaligus bentuk dukungan batik ini bisa memotivasi dan memacu semangat atlet - atlet Indonesia untuk mendapatkan hasil yang maksimal," pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help