Berita Gresik

Pemkab Gresik Akhirnya Pasang Banyak Portal di Jalan Kelas III. Ini Tujuannya

pemasangan portal dilakukan di Jalan Harun Thohir, Jalan Siti Fatimah binti Maimun dan Jalan Raya Cerme.

Pemkab Gresik Akhirnya Pasang Banyak Portal di Jalan Kelas III. Ini Tujuannya
surya/sugiyono
Tim URC Dinas PUTR Kebupaten Gresik memasang portal di Jl Harun Thohir Kecamatan Gresik, Jumat (10/8/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Pemkab Gresik akhirnya memasang portal di jalan-jalan Kabupaten yang sering dilintasi kendaraan besar dan melebihi 8 ton. Pemasangan portal itu agar kondisi jalan tidak rusak dan kendaraan yang melebihi 8 ton tidak melintas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Gresik, Gunawan Setijadi, mengatakan pemasangan portal dilakukan di Jalan Harun Thohir, Jalan Siti Fatimah binti Maimun dan Jalan Raya Cerme.

"Pemasangan portal ini untuk mengembalikan fungsi jalan kelas III yang hanya sering dilintasi kendaraan-kendaraan besar dan melebihi tonase," kata Gunawan, Jumat (10/8/2018).

Gunawan menuturkan pemasangan portal di Jalan Harun Thohir Kecamatan Gresik dilakukan karena pihak perusahaan belum mau iuran perbaikan jalan. Sebab, kebanyakan yang melintas dump truk dan truk trailer dari Pelabuhan Gresik dan PT Gresik Jasa Tama (GJT).

"Data dari penelitian kita kendaraan besar itu dari Pelabuhan dan GJT, sehingga mereka kita minta iuran untuk perbaikan jalan. Namun, sampai saat ini belum menyetujui. Kalau memang bersedia iuran maka kendaraan bisa untuk memperbaiki jalan," imbuhnya.

Saat ini perbaikan Jalan Harun Thohir Gresik akan dilakukan oleh Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas PUTR Kabupaten Gresik.

Perbaikan dilakukan dengan cara menambal jalan yang rusak parah.

"Tambal sulam dulu. Kalau tidak dilintasi kendaraan besar pasti akan baik. Yang penting yang status jalan kelas III sudah kembali," katanya.

Sementara, warga di sekitar Jalan Harun Thohir Kecamatan Gresik mengaku sangat senang dengan pemasangan portal.

Sebab, kondisi jalan tidak bising dan tidak berdebu.

"Senang sekali dengan pemasangan portal ini. Telinga tidak bising dengan suara bising truk-truk yang melintas. Sekarang debu sudah berkunrang," kata Neni, warga Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik yang tinggal di Jl Harun Thohir.

Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved