Sains

Menyentuh Matahari, Misi Paling Gila Umat Manusia Dimulai Esok

Esok akan menajdi salah satu hari bersejarah yang diingat manusia sebagai momen di mana manusia mulai berusaha menyentuh matahari

Menyentuh Matahari, Misi Paling Gila Umat Manusia Dimulai Esok
ist/NASA
Ilustrasi 

SURYA.co.id | Di saat Indonesia sedang memulai gelaran pesta demokrasi, di belahan bumi barat, sekelompok manusia yang bergabung dalam Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), sedang mempersiapkan misi yang merupakan salah satu misi paling ambisius umat manusia. 

Sabtu, 11 Agustus 2018, NASA akan memulai misi mereka untuk berada lebih dekat dengan matahari. 

Dengan menggunakan wahana penjelajah Parker atau Parker Solar Probe (PSP), mereka akan mengunjungi matahari untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia. 

 Seperti dilansir Kompas.com, misi senilai 1,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp20,3 triliun itu adalah untuk berada sedekat mungkin dengan matahari. Dengan demikian, mereka akan bisa cukup dekat untuk mempelajari angin matahari serta atmosfer misterius di bintang tersebut.

Dengan informasi itu, NASA akan dapat memprediksi cuaca antariksa, termasuk badai matahari yang dapat mempengaruhi jaringan listrik, membahayakan satelit, mengganggu sistem elektronik, dan mungkin menyebabkan kerugian hingga triliunan dolar. 

PSP akan diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station di pantai Florida pada Sabtu pukul 3.33 waktu setempat atau pukul 14.33 WIB.

Perjalanan yang ditempuh, juga bukan perjalanan singkat.

Wahana ini  akan mencapai matahari beberapa bulan setelah peluncuran.

Sebelum bisa mendekati matahari, PSP akan menghadapi sejumlah kondisi serta tantangan luar biasa dalam perjalanan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Untuk mencapai matahari, wahana akan menumpang di atas roket Delta 4 Heavy, salah satu kendaraan peluncur operasional paling kuat di Bumi.

Halaman
123
Editor: Eben Haezer Panca
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved