Khofifah Verifikasi Sekolah Swasta yang Bakal Dapat TisTas

Calon Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa akan melakukan verifikasi terhadap sekolah swasta yang terjangkau TisTas

Khofifah Verifikasi Sekolah Swasta yang Bakal Dapat TisTas
SURYAOnline/Fatimatuz Zahro
Calon Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa mulai mendetailkan perencanaan program pendidikan gratis dan berkualitas (TisTas) yang akan dimasukkan dalam RAPBD 2019.

Ia mengaku sudah bertemu dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan melakukan sinkronisasi dengan pemprov agar TisTas bisa dijalankan mulai tahun depan dan dapat bersinergi dengan program pendidikan yang sudah ada.

Mantan Menteri Sosial ini menegaskan bahwa masyarakat miskin dengan status ekonomi 40 persen terendah yang akan mendapatkan guyuran program ini.

"Kami juga bicarakan masalah TisTas. Dipastikan untuk sekolah negeri dapatlah tahun depan," kata Khofifah, Jumat (10/8/2018). Untuk siswa miskin di sekolah negeri SMA dan SMK dipastikan bisa menikmati fasilitas pendidikan yang gratis dan berkualitas.

Sedangkan untuk sekolah swasta, Khofifah mengaku masih dalam pembahasan. Pasalnya ada banyak jenis sekolah SMA/SMK swasta di Jawa Timur. Ada yang sekolah swasta namun favorit, serta sekolah swasta yang banyak siswanya dari keluarga yang menengah ke atas status ekonominya.

Sehingga butuh pemetaan lebih detil apakah sekolah jenis tersebut bisa mendapatkan program TisTas dari A0BD 2019 mendatang.

"Untuk sekolah swasta kita sedang hitung ulang, sebab kan ada sekolah favorit dan sekolah menengah atas, kita sedang verifikasi mana yang bisa dapat," ulas Khofifah.

Verifikasi itu penting menurut Khofifah. Agar penyaluran program sekolah gratis berkualitas untuk siswa miskin bisa tepat sasaran. Sebab program sekolah gratis ini memang tidak bersifat menyeluruh untuk semua siswa. Justru, menurut Khofifah pemberian gratis untuk siswa yang mampu menjadi tidak adil.

Hal senada juga disamaikan oleh Zainuddin Maliki, anggota Tim Navigasi Program Khofifah-Emil. Ia mengatakan program sekolah gratis ini akan menjadi solusi bagi warga miskin yang selama ini keberatan dengan penarikan biaya SPP di jenjang SMA SMK.

"Sekolah negeri akan dapat TisTas. Yaang sekolah swasta masih diverifikasi dulu. Yang dapat nanti siswa miskin yang cerdas," ucap Zainuddin Maliki.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved