Berita Surabaya

Hotel Mercure dan SD Muhammadiyah 8 Surabaya Peringati Hari Veteran Nasional. Ini Tujuannya

Mercure Hotel juga mengajak tiga Veteran untuk berbagi kisah perjuangannya menjaga NKRI.

Hotel Mercure dan SD Muhammadiyah 8 Surabaya Peringati Hari Veteran Nasional. Ini Tujuannya
surya/pipit maulidiya
Koepijono, salah seorang veteran yang hadir meladeni para siswa yang ingin bersalaman dan bertanya penasaran 'apa itu veteran'. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Suasana ceria terlihat di wajah ratusan siswa SD Muhammadiyah 8, Surabaya, Jumat (10/8/2018). Para siswa itu tengah memperingati Hari Veteran Nasional di halaman sekolah.

Sekitar 450 siswa kelas satu sampai kelas enam mengikuti sejumlah rangkaian acara. Mulai berkenalan dengan para veteran, mendengarkan cerita perjuangan, serta menanam tanaman hias bersama. Muhammad Reyhan Laki Yuswantoro salah satunya.

"Tadi kata veteran kita harus berjuang, jaga lingkungan, terus pesan buat teman-teman gempa tetap ceria," kata Reyhan.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 8, Dewi Setianingsih, mengatakan peringatan Hari Veteran kali ini sedikit berbeda, lantaran mereka kedatangan tamu dari Mercure Grand Mirama Hotel, Surabaya yang ikut menyemarakkan acara.

"Hari Veteran ini juga berdekatan dengan perayaan 17 Agustus 1945, kebetulan tema di sekolah kali ini adalah kerja bakti dan penghijauan lingkungan. Kemudian kami lihat teman-teman dari Mercure Hotel menawarkan kerjasama yang sinergi dengan tema kami, terwujudlah kegiatan pagi hari ini," cerita Dewi, usai menanam tanaman hias bersama.

Sehari sebelumnya lanjut Dewi anak-anak memang diminta untuk membawa sejumlah botol bekas ke sekolah. Botol bekas itu kemudian dikumpulkan menjadi satu. Hasilnya ratusan botol bekas ditukarkan 500 tanaman hias dari Mercure Hotel.

Selain tanaman, Mercure Hotel juga mengajak tiga Veteran yang bertempat tinggal di sekitar SD Muhammadiyah untuk berbagi kisah perjuangannya menjaga NKRI.

Acara seru lainnya, 500 tanaman yang diberikan Mercure Hotel secara langsung ditanam oleh para siswa di kebun halaman sekolah mereka bersama-sama.

"Namanya anak-anak, kegiatan di luar kelas selalu senang sekali, karena jenuh setiap hari di luar kelas. Kita ngga ada kegiatan seperti ini saja, pasir dan air di halaman saja dibuat mainan," tambah Dewi ikut senang melihat muridnya bersemangat.

Ini adalah kali pertama kerjasama kedua pihak. Sebelumnya Mercure Hotel Surabaya memang konsentrasi melalukan kerjasama dengan sekolah, untuk mengedukasi anak sejak dini.

"Kami sering melakukan kegiatan bersama anak-anak di sekolah-sekolah. Namun untuk daerah Surabaya Timur masih belum, nah momen kali ini kami manfaatkan untuk mengajak anak-anak memperingati hari Veteran Nasional yang jatuh setiap tanggal 10 Agustus," kata Sugito Adhi, General Manager Mercure Grand Mirama Hotel.

Adhi menambahkan rencananya ratusan botol dari anak-anak SD Muhammadiyah 8 ini akan dijual seharga Rp 500 ribu. Sementara hasilnya akan disumbangkan kepada korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dia berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dan memiliki dampak positif bagi anak-anak SD Muhammadiyah 8, sekaligus bagi korban gempa di Lombok, dengan sumbangan yang diberikan.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help