Berita Surabaya

Khofifah Dorong Perempuan Muda Kembangkan UMKM dan Manfaatkan Tren Shopping Online

Khofifah Indar Parawansa mendorong penguatan perempuan sebagai bagian dari pelaku UMKM di Jawa Timur.

Khofifah Dorong Perempuan Muda Kembangkan UMKM dan Manfaatkan Tren Shopping Online
surya/ahmad zaimul haq
Gubernur terpilih, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri pelantikan DPW-DPC Gerakan Wanita Sejahtera Jatim dan UKM Go Online di Hotel Grand Surabaya, Kamis (9/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa mendorong penguatan perempuan sebagai bagian dari pelaku UMKM di Jawa Timur. Menurutnya, karena UMKM menyumbang cukup besar dalam PDRB Jawa Timur, maka akses pasar UMKM untuk bisa masuk ke tingkat ekspor harus bisa dorong lebih kuat.

"Partner dengan berbagai lembaga pemasaran online menjadi penting," kata Khofifah saat menjadi pembicara tunggal dalam acara Pelantikan Perkumpulan Gerakan Wanita Sejahtera Jawa Timur dengan tema UKM Go Online, di Hotel Grand Surabaya, Kamis (9/8/2018).

Terutama saat ini banyak e-commerce yang menyediakan layanan sebagai perantara penjual dengan pembeli melalui etalasi digital. Yang sangat memudahkanbagi penjual maupun pembeli. Khofifah ingin e-commerce bisa turut menggandeng UMKM dan membantu penjualan produk mereka.

Bahkan kalau bisa bukan hanya memasukkannya dalam katalog melainkan juga membantu memasarkan dan mempromosikan.

"Supaya produk yang layak ekspir bisa mudah bertemu dengan pasar luar negeri. Akan akan linkage yang berjalin mellui mereka," imbuh wanita yang juga Ketua Umum Muslimat ini.

Lebih lanjut Khofifah menyebutkan secara spesifik bahwa yang perlu dikuatkan adalah para perempuan muda.

Menurutnya para perempuan muda harus ikut mengambil peran dalam era ekonomi digital.

Bagi ibu-ibu muda, sektor usaha ini ditambah dengan pergeseran tren shopping online akan sangat membantu jika perempuan muda memanfaatkan peluang ini.

Mereka tidak perlu menyewa toko, tidak perlu meninggalkan rumah dan anak, dan tetap bisa menjalankan peran sebagai istri dan ibu. 

"Kalau era ekonomi digital yang erat kaitannya dengan tren shopping online tidak dimanfaatkan saya khawatir Indonesia, Jawa Timur ini hanya akan jadi pasar," kata Khofifah.

Sebab menurutnya kemajuan tekonologi menurut Khofifah sepertu dua sisi mata uang. Satu sisi bisa dimanfaatkan sebagai sistem perluasan pasar.

Atau sebaliknya ekonomi digital juga menjadi peluang dari produsen luar untuk menjadikan Jawa Timur sebagai pasar mereka.

Padahal dari segi kualitas produk, tidak sedikit olahan dan hasil produksi UMKM Jawa Timur yang bisa bersaing dengan produk dari luar negeri.

Sehingga ekonomi digital menjadi celah strategis untuk bisa memperluas wilayah pemasaran produk UMKM dari Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help