Kesehatan

dr Marina Rimadhani spKK : 'Jangan Mudah Percaya Iklan Kosmetik yang Janjikan Kulit Putih Instan'

Jangan mudah percaya dengan iklan kosmetik di Media Sosial yang menjanjikan kulit putih secara instan. Ini kata pakarnya

dr Marina Rimadhani spKK : 'Jangan Mudah Percaya Iklan Kosmetik yang Janjikan Kulit Putih Instan'
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebagian besar remaja saat ini begitu mudah mempercayai iklan di media sosial mengenai produk kosmetik.

Padahal, mereka tidak mengetahui secara jelas kandungan dari kosmetik yang diiklankan tersebut. 

dr Marina Rimadhani spKK, dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan fenomena ini sering dia temui dari para pasien yang datang.

Dia mengatakan, kebanyakan pasien mengeluhkan jerawat yang tak kunjung sembuh, flek hitam, serta gangguan kulit lainnya setelah menggunakan produk yang mereka beli di media sosial, karena dianggap memberikan hasil instan.

"Banyak yang datang ke dokter setelah wajah sudah mengalami okronosis, jerawatan sewajah gak bisa hilang. Pas ditanya jawab 'saya berobat ke dokter yang bisa kecantikan tapi juga bisa rawat gigi', kan lucu. Sebaiknya jika bermasalah kesehatan wajah ya datang ke dokter ahlinya," saat ditemui di Adi Hudada Cancer Center, Surabaya.

Perempuan kelahiran Jakarta ini menyarankan agar tidak mudah tergoda dengan iklan produk glowing yang menjanjikan kulit putih secara instan.

"Lebih selektif, jangan tergoda hasil instan. Apalagi termakan produk yang dijual di online, beauty blogger, karena pada dasarnya semua jenis kulit kita berbeda. Beli krim pemutih instan, takutnya mengandung mercuri ya memang gak langsung karena efeknya 10 tahun mendatang," jelas lulusan FK Unair 2004 ini.

Sebagai dokter kulit, dr Rima mengaku tidak pernah mudah percaya dengan produk pemutih secara instan. Menurutnya saat diteliti produk-produk tersebut sebenarnya tidak memiliki efek mengobati kondisi kulit, melainkan hanya bersifat sementara saja.

"Ya keuntungan jadi dokter kulit, bisa merawat diri sendiri tanpa harus susah cari-cari perawatan lain lagi. Mau bikin kerutan hilang bisa, memutihkan kulit sendiri bisa, hilangin jerawat bisa. Suami juga ikut senang dan bahagia karena nggak perlu ngeluarin uang banyak untuk perawatan istrinya," canda perempuan yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Adi Husada, Undaan Wetan, Surabaya ini. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help