Berita Surabaya

Dispendukcapil Surabaya Siapkan Program Ini untuk Mudahkan Perekaman e-KTP Lansia

Program jebol kali ini khusus perekaman e-KTP bagi warga lansia atau sakit, yang tak bisa datang ke Dispendukcapil.

Dispendukcapil Surabaya Siapkan Program Ini untuk Mudahkan Perekaman e-KTP Lansia
surya/pipit maulidiya
Ilustrasi perekaman E-KTP. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengajuan rekam KTP elektronik (e-KTP) masih berlanjut sampai saat ini. Setelah sebelumnya awal tahun ajaran baru Juni lalu, antrean pengajuan e-KTP usia 17-18 tahun sempat membeludak.

Kini, jumlah antrean e-KTP sudah mulai berkurang. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya menggunakan momen ini untuk kembali menjalankan program layanan jemput bola (jebol).

Program jebol kali ini khusus perekaman e-KTP bagi warga lansia atau sakit, yang tak bisa datang ke kantor Dispendukcapil atau kecamatan.

Pelaksana Perekaman e-KTP Dispendukcapil Kota Surabaya, Indra Dwi Wahyono, menjelaskan warga harus mendaftar terlebih dahulu ke kantor Dispendukcapil, dan mengajukan surat permohonan perekaman e-KTP.

"Datang ke Dispendukcapil Surabaya mengajukan surat permohonan, melampirkan foto copy kartu keluarga (KK) yang bersangkutan dan pelapor, serta foto kondisi yang bersangkutan ke bagian tata usaha," terang Indra, Kamis (9/8).

Setelah itu, Dispendukcapil akan memproses dan membuat surat disposisi untuk diverifikasi oleh atasan.

Setelah verifikasi, petugas Dispenduk mengecek NIK serta data yang bersangkutan. Pengecekan dilakukan untuk memastikan apakah NIK warga di blokir atau ganda.

Jika tidak ada masalah, petugas menghubungi keluarga untuk melakukan perekaman e-KTP di rumah.

Sebenarnya lanjut Indra, cara perekaman e-KTP menggunakan layanan jebol tidak jauh berbeda dengan perekaman e-KTP pada umumnya.

Mulai dari foto background merah atau biru, tanda tangan, sidik jari 10 jari dan iris mata.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help