Berita Sidoarjo

Sapi Umur 4 Tahun Berbobot hampir 2 Ton Juara Kontes Ternak Sidoarjo, Milik H Achmad Warga Gedangan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mendekati Hari Raya Idul Adha ada kontes ternak dan ekspo peternakan digelar Sidoarjo.

Sapi Umur 4 Tahun Berbobot hampir 2 Ton Juara Kontes Ternak Sidoarjo, Milik H Achmad Warga Gedangan
surya/M Taufik
Sapi salah satu pemenang dalam kontes ternak di Sidoarjo tahun ini, Rabu (8/8/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Seperti tahun-tahun sebelumnya, mendekati Hari Raya Idul Adha ada kontes ternak dan ekspo peternakan digelar Sidoarjo. Acara rutinan ini diselenggarakan  Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo dan berlangsung di Puspa Agro, Rabu (8/8/2018).

Tahun ini kontes sapi dibagi dalam tujuh kategori, yakni sapi Peranakan Ongole (PO), sapi induk hasil inseminasi buatan (IB), sapi calon induk hasil IB, sapi kereman persilangan hasil IB, sapi pejantan PO dan sapi ekstrem.

Dari semua kategori itu, pemenangnya antara lain sapi kereman persilangan hasil IB milik Haris Huda dari Desa Ganting, Kecamatan Gedangan. Sapi berumur 3 tahun itu beratnya 1.001 Kg. Pemenang lain adalah sapi ekstrem milik H Achmad dari Desa Banjar Bendo, yang usianya 4 tahun dengan berat 1.075 Kg (hampir 2 ton).

Sedangkan untuk kontes kambing dan domba ada 6 kategori. Yakni Kambing PE jantan, kambing PE betina, kambing ekor gemuk jantan, kambing ekor Moreno jantan, kambing kacang jantan dan kambing ekstrem jantan.

Untuk kategori Kambing pemenangnya adalah kambing milik Nasruloh dari Singopadu, Kecamatan Tulangan. Kambing ini di kategori kambing PE jantan umur 2 tahun dengan berat 103 Kg. Satu lagi pemenang lain adalah kambing milik Arif Budiman dari Suko, Sukodono di kategori kambing ekstrem jantan. Pemenang ini umur 4 tahun dengan berat 110 Kg.

"Kegiatan seperti ini diharapkan bisa terus memotivasi semua peternak untuk memperbaiki mutu bibit dan meningkatkan populasi produksivitas ternaknya," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo, Handayani, kegiatan ini diikuti oleh 120 ekor ternak yang terdiri dari kategori sapi 48 ekor dan kambing 71 ekor. Peserta berasal dari 18 Kecamatan di Sidoarjo.

“Kegiatan ini, diantaranya adalah upaya peningkatan populasi sapi secara berkelanjutan dengan memaksimalkan potensi sapi indukan dalam menghasilkan anak. Sekaligus upaya swasembada daging,” jelas Handayani.

Pihaknya berharap, melalui event-event seperti ini, para peternak bisa mendapat petunjuk dan arahan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo maupun petugas Teknis Peternakan agar peternak dapat mengembangkan dan membudidayakan ternaknya dengan baik dan terus meningkatkan populasi ternaknya.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved