Pilpres 2019

Ikatan Haji di Jatim Rekomendasikan Capres-Cawapres dari Nasionalis-Religius

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jatim merekomendasikan kriteria calon presiden dan wakil presiden di pemilihan presiden mendatang.

Ikatan Haji di Jatim Rekomendasikan Capres-Cawapres dari Nasionalis-Religius
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jatim, Chairul Djaelani saat ditemui di kantornya di Surabaya, Rabu (8/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Timur merekomendasikan kriteria calon presiden dan wakil presiden di pemilihan presiden mendatang.

Ketua IPHI Jatim, Chairul Djaelani menyebut kombinasi pemimpin nasional mendatang merupakan kombinasi dari figur nasional-religius.

"Harus memenuhi unsur tokoh pejuang dengan sikap keagamaan yang kuat dan tidak diragukukan komitmen terhadap kemajuan kemandirian dan kejayaan bangsa Indonesia dan NKRI," kata Chairul saat ditemui di kantornya di Surabaya, Rabu (8/8/2018).

Kriteria pejuang sekaligus taat agama ini menurutnya bisa ditemukan pada satu figur. Bisa juga merupakan kombinasi pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Kriteria yang kami sampaikan ini merupakan kriteria pemimpin nasional," katanya.

Baca: Ditanya Siapa Cawapres Pendamping Jokowi, ini Jawab Wasekjen PDI Perjuangan

"Kalau bisa saling melengkapi dua figur ini, maka presiden dan calon wakil presiden jadi ini berjalan seiringan," lanjut Chairul.

Ia menyebut apabila unsur nasionalis dan religius ini bisa terbentuk maka pemerintahan ke depan akan dapat berjalan optimal.

"Pemimpin harus punya karakter pejuang. Juga, seorang taat agama. Harus bisa seimbang," lanjutnya.

Meskipun demikian, pihaknya enggan menyebut nama figur yang memenuhi kriteria ini.

Menurutnya, dua capres yang saat ini mengemuka, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto sama-sama memiliki kriteria seorang pejuang.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved