Berita Ngawi

Dinas ESDM Provinsi Jatim dan Ahli Geologi Ambil Sampel Semburan Air di Ngawi

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia mendatangi lokasi semburan air di Ngawi.

Dinas ESDM Provinsi Jatim dan Ahli Geologi Ambil Sampel Semburan Air di Ngawi
surya/rahadian bagus
Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Timur, Kukuh Sudjatmiko (mengenakan topi) sedang meminta keterangan dari pemilik sawah. 

SURYA.co.id |NGAWI - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur dan juga dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia mendatangi lokasi semburan air di Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Rabu (8/8/2018) siang. Pantaun di lokasi, tim dari ESDM meninjau lokasi dan juga sample air.

Kepala Bidang Energi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Timur, Kukuh Sudjatmiko belum dapat memastikan apakah air tersebut berbahaya jika dikonsumsi atau tidak.

"Sejauh ini kami baru memotret, dan mengambil sampel air. Kita tunggu saja, nanti akan kami bawa ke kantor, apakah terkontaminasindrngan gas atau bawaan mineral di bawah. Hanya untuk mengetahui itu saja,"kata Kukuh, Rabu (8/8/2018) saat ditemui di lokasi.

Kukuh, mengatakan timnya telah mengambil sampel air untuk dicek di laboratorium. Dengan demikian, belum bisa dipastikan layak tidaknya air yang berasal dari semburan sumur bor milik Mujiyanto untuk dikonsumsi.

Namun demikian, kata Kukuh menurut penuturan warga sejumlah ternak kambing milik petani sempat meminum air di lokasi semburan, dan tidak mengalami ganguan kesehatan.

Pantauan di lokasi, sejumlah warga yang penasaran tidak hanya memotret di dekat lokasi semburan saja.

Beberapa di antaranya tampak mencoba mencicipi air hanya sdkadar untuk mengetahui apakah air tersebut asin atau mengandung minyak.

Bahkan, sehari sebelumnya ada beberapa warga yang sengaja membawa air menggunakan botol mineral bekas untuk dibawa pulang. Sebagian warga percaya air semburan tersebut dapat mengobati penyakit. 

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved