Berita Madiun

Puluhan Pemuda di Kota Madiun Galang Dana Bagi Korban Gempa Lombok

Para pemuda di Kota Madiun yang tergabung dalam Forum Solidaritas Nusa Tenggara Barat (NTB) menggalang dana bagi korban gempa bumi Lombok

Puluhan Pemuda di Kota Madiun Galang Dana Bagi Korban Gempa Lombok
surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus
Sejumlah pemuda dari beberapa komunitas di Kota Madiun menggalang dana bagi korban gempa Lombok. 

SURYA.co.id|MADIUN - Sekelompok pemuda di Kota Madiun yang tergabung dalam Forum Solidaritas Nusa Tenggara Barat (NTB) menggalang dana bagi korban gempa bumi di NTB, Aksi sosial itu dilakukan di persimpang Proliman, Kartoharjo, Kota Madiun, Selasa (7/8/2018) sore.

Puluhan pemuda dari berbagai komunitas di Madiun itu membawa kotak kardus dan spanduk bertuliskan Solidaritas NTB tersebar di sejumlah lampu merah. Mereka menghampiri pengguna jalan yang sedang berhenti dan ingin menyisihkan sebagian uangnya bagi korban bencana gempa di Lombok.

Koordinator Forum Solidaritas NTB Kota Madiun, Andro Rohman, mengatakan ia dan teman-temannya terpanggil untuk menggalang dana bagi korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di NTB beberapa hari lalu. Kegiatan ini, kata Andro, merupakan bentuk solidaritas terhadap sesama anak bangsa dan satu tanah air.

"Forum Solidaritas NTB ini terdiri dari berbagai komunitas di Kota Madiun. Kami bersatu untuk penggalangan dana selama dua hari, Selasa dan Rabu," jelasnya.

Ia menuturkan, nantinya hasil penggalangan dana akan disalurkan melalui Polres Madiun Kota. Uang yang dihasilkan dari penggalangan dana diberikan berupa uang tunai dan sebagian dibelikan kebutuhan yang diperlukan.

Pantauan di lokasi, aksi penggalangan dana tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah pengendara. Mereka tampak suka rela menyisihkan uang untuk disumbangkan kepada korban bencana gempa.

Sementara itu, Andro juga merasa prihatin dengan banyaknya komentar netizen di beberapa sosial media, Facebook, Instagram, dan Twitter yang menyebut bencana alam gempa bumi di Lombok sebagai azab karena gubernur NTB saat ini mendukung pemerintahan Jokowi. Menurutnya, netizen harus lebih bijak dan lebih mengedepankan rasa empati.

"Janganlah berkata atau berkomentar yang justru akan menyakiti perasaan para korban bencana. Gempa bumi di NTB merupakan bencana alam dan korbannya harus kita bantu bersama-sama," ucapnya.

Seorang anggota Forum Solidaritas NTB, Faisal Rahman yang berasal dari komunitas HDCI mengaku sangat mendukung kegiatan penggalangan dana bagi korban gempa. Dia berharap bantuan yang digalang dapat sedikit membantu meringankan beban korban bencana di NTB. 

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help