Persebaya Surabaya

Potret Komunitas Bonek Jabodetabek yang Tetap Satu Nyali

BJ sudah memiliki ratusan anggota dengan latar belakang beragam seperti dari staf kementrian, TNI, staf DPR, dll

Potret Komunitas Bonek Jabodetabek yang Tetap Satu Nyali
istimewa
Bonek Jabeodetabek 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komunitas pecinta Persebaya Surabaya tak hanya dari Surabaya dan Jawa Timur saja. Komunitas yang terdiri dari Bonek dan Bonita ini bahkan juga tersebar di seluruh Nusantara.

Satu dari sekian banyak komunitas yang ada, ada nama komunitas Bonek Jabodetabek (BJ) yang berdomisili di Jakarta.

"Tujuan dibentuknya komunitas BJ ini untuk mempererat dan memudahkan komunikasi serta koordinasi antar-Bonek di Jabodetabek," kata Siti anggota BJ, Senin (6/8/2018).

Komunitas ini sendiri terbentuk pada 30 Juni 2009 silm. Awalnya, Bonek yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya hendak mendukung Persebaya saat lawan PSMS Medan untuk naik ke ISL di Bandung.

Saat berjanjian Stasiun Gambir Jakarta, tak diduga para Bonek di Jakarta ini bertemu dengan Bonek dari daerah lain.

Dari situ mereka akhirnya langsung mengukuhkan nama Bonek Jabodetabek diselembar kain putih yang masih mereka simpan hingga sekarang.

Saat ini, BJ sudah memiliki ratusan anggota dengan latar belakang beragam seperti dari staf kementrian, TNI, staf DPR, aparat penegak hukum, swasta, mahasiswa dan juga pelajar.

"Yang pasti kami semua loyalis ke Persebaya dan itu tidak usah dipertanyakan lagi," ujarnya.

Selain itu, anggota BJ juga terdiri dari berbagai daerah di Indonesia yakni Jawa Tengah, Surabaya, luar pulau dan Jabodetabek sendiri.

"Hijau tetap hijau, dan slogan kami Tanpa Anarki Tapi Bernyali, Minoritas Gak Wedi Blas," slogan yang menjadi khas komunitas ini.

Penulis: Dya Ayu
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help