Berita Tuban

Penemuan Goa Cantik di Tuban, Pemkab Berencana Lakukan Pemetaan

Pemkab Tuban berencana melakukan pemetaan terhadap lingkungan dalam goa eksotis yang ditemukan di Desa Jadi, Semanding, beberapa waktu lalu.

Penemuan Goa Cantik di Tuban, Pemkab Berencana Lakukan Pemetaan
surya/m sudarsono
Kondisi gua yang ada di lokasi penambangan batu kapur yang baru ditemukan warga, Jumat (3/8/2018). 

SURYA.co.id | TUBAN - Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan perhatian terhadap penemuan goa eksotis di kawasan pertambangan di Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding.

Dalam waktu dekat, pemerintah setempat akan melakukan pemetaan skema area gua. Termasuk menentukan lokasi area yang dilarang untuk ditambang.

"Dalam waktu dekat Pemkab Tuban bersama Dinas Lingkungan Hidup, Stakeholder yang terkait dan Tenaga Ahli, akan membuat peta dan skema area gua," kata Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein saat meninjau lokasi, Selasa (7/8/2019), siang.

Dengan adanya pemetaan dan skema area gua, maka nantinya akan diketahui mana lokasi yang aman dan mana yang berbahaya.

Sehingga, nanti masyarakat bisa mengetahui jika titik maupun beberapa zona yang dipetakan bahaya atau tidak. Tentunya itu baru bisa diketahui setelah hasil studi keluar.

"Nantinya akan diketahui, kalau hasil studinya keluar. Jadi kalaupun kita melarang, ada landasannya," ujar Politisi PKB tersebut.

Baca: Siapa yang Menyangka, Temuan Goa Cantik di Tuban Ternyata Berawal dari Ini

Baca: Sarana Seadanya, Masih Sulit untuk Masuk ke Gua Batu Kapur yang Ditemukan Warga Tuban

Ditambahkan Noor Nahar, saat ini pemetaan gua masih dalam proses kajian, karena otoritas tidak hanya pada Pemkab. Namun, juga dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Pakar Geologi Nasional yang harus dimintai rekomendasi.

Sehingga, setelah diketahui hasilnya, maka dapat ditentukan langkah-langkah berikutnya.

"Nanti jika hasil studinya sudah keluar, maka baru bisa diketahui kelayakan gua yang baru ditemukan tersebut," pungkasnya.

Sekedar diketahui, gua yang memiliki keindahan stalagtit dan stalagmit alami tersebut ditemukan oleh penambang kapur warga setempat, Sudaryono, saat melakukan aktifitas pertambangan, Kamis kemarin (2/8/2018).

Tags
Goa
Tuban
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved