Berita Gresik

Begini Cara PG Melestarikan Budaya Islami di Kawasan Gresik

Puluhan grup musik qosidah mengikuti lomba kreasi seni qasidah rebana. Festival itu untuk melestarikan kesenian islami.

Begini Cara PG Melestarikan Budaya Islami di Kawasan Gresik
SURYAOnline/sugiyono
QASIDAH - Sekretaris Perusahaan PG Yusuf Wibisono menyerahkan hadiah ke perwakilan grup qasidah di halaman SOR Tri Dharma, Selasa (7/8/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Puluhan grup musik qosidah mengikuti lomba kreasi seni qasidah rebana. Festival itu dilakukan PT Petrokimia Gresik (PG) untuk melestarikan kesenian islami yang terus bersaing dengan kesenian modern.

Festival seni kreasi Qasidah Rebana yang digelar selama dua hari di halaman SOR Tri Dharma PG, Gresik Jl Achmad Yani. Festival ini memperebutkan hadiah pembinaan total senilai Rp 16,5 juta. Peserta yang ikut meramaikan sebanyak 28 grup Qasidah dari seluruh Kabupaten Gresik.

Direktur Teknik dan Pengembangan PG Arif Fauzan menyatakan bahwa tujuan PG mengadakan festival ini adalah untuk melestarikan dan menumbuh kembangkan seni budaya Islami di Kabupaten Gresik. Sebab Gresik sebagai kota wali dan kota santri sehingga kesenian islami harus dijaga dan dilestarikan.

"Ini sebagai bentuk dukungan PG kepada masyarakat sekitar khususnya memperhatikan kesenian qasidah yang bersaing dengan kesenian modern," kata Arif, Selasa (7/8/2018).

Lebih lanjut Arif mengatakan bahwa dari festival ini diharapkan para seniman qasidah dapat meningkatkan silaturahmi dan komunikasi, sehingga bakat-bakat dan kreativitas yang dimiliki semakin tergali.

"Festival ini wujud perhatian PG terhadap pelestarian dan kemajuan seni budaya yang berkembang di kalangan masyarakat agamis Kota Santri dan kota wali Gresik," imbuhnya.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) PG ke-46 dan HUT RI ke-73.

Adapun pemenang Festival Qasidah Rebana 2018 adalah, juara satu yaitu kelompok As Salamah dari Ponpes Al-Karimi, sekaligus menerima Piala Bergilir, dari Desa Tebuwung Kecamatan Dukun, juara dua Qasidah Sindu Qolbu dari Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik, juara tiga dari Qasidah Great Ummah asal Perum Griya Bungah Asri, Desa Kembangan Kecamatan Kebomas.

Sedangkan juara harapan I, II, dan III masing-masing jatuh pada kelompok qasidah Namira Nada asal Desa Randuagung Kecamatan Kebomas, Al-Mukhtar dari Kecamatan Dukun, dan Nada Nurus Sabab dari Kecamatan Cerme. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help