Berita Tuban

Warga Karangsari Ramai - ramai Bersihkan Sungai, Aksinya Disebut Bentuk Protes terhadap Pemkab Tuban

"Ini merupakan protes dari kami warga Kelurahan Karangsari terhadap Pemkab Tuban," kata ketua RT 1, Joko Nuratno Widodo, Senin (6/8/2018).

Warga Karangsari Ramai - ramai Bersihkan Sungai, Aksinya Disebut Bentuk Protes terhadap Pemkab Tuban
surya/m sudarsono
Warga Karangsari Tuban ramai-ramai membersihkan Sungai Mangunjoyo, Senin (6/8/2018). 

SURYA.co.id | TUBAN - Warga RT 2, RW 1 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, tak bisa lagi membendung keberadaan sampah yang membuat bau tak sedap di sungai Mangunjoyo.

Puncaknya, sekira 50 orang warga sekitar harus turun menyisingkan lengan membersihkan sampah di sungai tersebut.

Aksi yang dilakukan warga itu merupakan luapan protes terhadap pemerintah kabupaten setempat, karena selama ini dinilai hanya mengobral janji-janji, termasuk akan mengadakan bersih-bersih rutin dan normalisasi sungai.

"Ini merupakan protes dari kami warga Kelurahan Karangsari terhadap Pemkab Tuban," kata ketua RT 1, Joko Nuratno Widodo, Senin (6/8/2018).

Dia menilai, selama ini Pemkab tidak serius turut andil membersihkan sungai Mangunjoyo. Bahkan, dari pihak dinas terkait juga tidak ada itikad untuk turun membersihkan sungai yang ada di tengah jantung kota tersebut.

Terbukti, selama ini hanya janji dan janji, hingga ujungnya warga yang harus membersihkan sendiri. Padahal andil Pemkab sangat diperlukan, agar memotivasi warga untuk cinta terhadap lingkungan.

"Dinas hanya janji-janji saja, ini yang membuat kita kesal. Sungai ini sudah terancam," ujarnya dengan nada protes.

Ditambahkan pria yang juga sebagai penggagas kampung warna, jika usulan bersih-bersih sungai itu juga telah disampaikan Wakil Bupati. Namun, sama juga tidak mendapatkan respons hingga sekarang.

"Sudah disampaikan semuanya, namun sampai kini tak ada respons positif. Ya akhirnya warga turun tangan sendiri," pungkasnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban, Rohman Ubaid saat dikonfirmasi terkait aksi protes warga tersebut menyatakan, pihaknya akan mengkomunikasikan pada dinas terkait dan juga pihak kecamatan kota.

Dengan harapan, ke depan kegiatan bersih-bersih sungai bisa disinergiskan penjadwalan dan pelaksanaanya.

"Nanti akan kita koordinasikan dengan dinas terkait dan pihak kecamatan kota," singkat mantan Camat Jenu tersebut.

Sekedar diketahui, sebagian sampah yang berhasil diangkat masih ditepikan di pinggir sungai untuk sementara. Sebab, untuk bisa dievakuasi, warga membutuhkan alat berat.

Foto; Warga Kelurahan Karangsari beramai-ramai membersihkan sampah di sungai Mangunjoyo, karena kondisinya memprihatinkan

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help