Lifestyle

Eksfoliasi Solusi bagi Kulit Lambat Regenerasi karena Usia, ini Saran dr Inneke Jane, SpKK

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit turut melambat. Hal ini diungkap dermatologis dr Inneke Jane, SpKK.

Eksfoliasi Solusi bagi Kulit Lambat Regenerasi karena Usia, ini Saran dr Inneke Jane, SpKK
surya/delya octovie
Proses regenerasi kulit melambat seiring bertambahnya usia. Agar sel kulit mati tak menumpuk, dr Inneke Jane, SpKK (kanan) merekomendasikan eksfoliasi secara rutin menggunakan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid dari Filipina. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit turut melambat. Hal ini diungkap dermatologis dr Inneke Jane, SpKK.

Startum basale alias sel kulit baru, kata dia,  akan terus naik ke atas selama regenerasi kulit dan akhirnya menjadi stratum corneum atau kulit tua.

"Di usia sebelum 20 tahun, siklus regenerasi kurang lebih terjadi dalam 28 hari. Tapi di usia di atas 30 tahun, yang tadinya regenerasi empat minggu menjadi enam minggu," tuturnya.

Ketika regenerasi kulit melambat, stratum corneum akan terus terpapar sinar matahari, polusi, dan banyak faktor eksternal lainnya.

Tetapi bukannya kulit tersebut 'pergi', ia malah bertahan dan menjadi sel kulit mati yang menumpuk.

"Kalau menumpuk, seperti kaca mobil yang tidak dibersihkan. Sel kulit jadi seperti plastik yang terkena sinar matahari, kusam begitu," katanya.

Selain wajah kusam, akibat melambatnya regenerasi lainnya adalah banyaknya flek di wajah.

Apalagi jika lokasi tempat tinggal kaya akan sinar matahari.

Jika sel kulit mati menumpuk, hidrasi kulit pun menjadi sulit, sehingga wajah mudah berkerut.

Ia pun merekomendasi melakukan eksfoliasi yang membantu mengusir sel kulit mati menumpuk.

"Kalau rutin eksfoliasi pastinya akan membantu proses regenerasi kulit. Sel kulit akan terlihat sehat kalau regenerasi berjalan dengan baik. Kalau misalnya usia sudah 30 tahun yang tadinya empat minggu sekali kulitnya mengelupas, bagaimana caranya agar regenerasi terjadi seperti dulu lagi? Bisa dibantu dengan produk eksfoliasi," jelasnya.

Bagi yang ingin melakukan eksfoliasi dengan harga terjangkau, produk eksfoliasi rekomendasi Inneke adalah Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid dari Filipina, yang kini telah hadir di Indonesia dengan harga Rp 20.000 per botol.

Produk ini mengandung bahan-bahan yang mendukung skin renewal seperti asam salisilat, asam laktat, asam glikolat, vitamin A untuk kulit berjerawat, vitamin C menjaga sel kulit, vitamin E memperkuat kulit dari serangan sinar matahari, serta vitamin B menghidrasi kulit.

"Cara menggunakannya mudah, cukup bersihkan wajah dengan facial wash, keringkan, lalu tuangkan Maxi-Peel ke kapas 3-5 tetes. Baiknya dipakai saat malam karena itu masa-masa kulit meregenerasi, rejuvenate dan istirahat. Bisa juga dipakai pria," pungkasnya. 

Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help