Pilpres 2019

Capres dan Cawapres Belum Daftar ke KPU, Mendagri: Mungkin Sebagai Strategi

Hari ke-3 masa pendaftaran Capres dan Cawapres di KPU, Senin (6/8/2018) belum ada partai yang mendaftarkan calonnya. Begini kata Mendagri

Capres dan Cawapres Belum Daftar ke KPU, Mendagri: Mungkin Sebagai Strategi
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, memberikan sambutan saat menyambangi Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Memasuki hari ketiga masa pendaftaran calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (6/8/2018) belum ada partai yang mendaftarkan capres dan cawapresnya.

Padahal, batas akhir pencalonan presiden di KPU hanya sampai pada Jumat (10/8/2018) mendatang.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menilai hal ini sebagai salah satu strategi masing-masing cawapres maupun cawapres.

"Karena masing- masing parpol tentunya punya strategi. Sekarang saling mengintip, siapa capres dan cawapresnya," ujar Tjahjo sebagai sebagaimana rilis Kemendagri yang diterima surya.co.id, Senin (6/8/2018).

Terkait pemilu serentak 2019, yang akan menggabungkan pemilu legislatif dan pemilihan presiden dalam satu waktu, Tjahjo berharap jadi momentum bagi rakyat bisa merasakan pesta rakyat yang demokratis.

Pemilih dapat menunaikan hak pilihnya dengan bebas, tanpa intimidasi dan tekanan.

Tjahjo juga berharap, pemilih bisa menilai dengan cerdas dan rasional, siapa yang akan dipilihnya, baik itu calon legislator, calon senator mau pun calon presiden.

"Salurkanlah di TPS sesuai apa yang menjadi prinsip hati nurani, memahami track record baik itu calon DPRD, DPR, maupun calon presiden. Karena apapun pemilu ini adalah dalam rangka untuk memperkuat sistem pemerintahan presidensil. Memilih yang amanah, memilih presiden dan wakil presiden yang amanah. Sama dengan memilih DPR dan DPRD yang amanah," katanya.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri berkomitmen penuh mendukung penuh kerja penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu.

Kementerian punya tugas memfasilitasi kelancaran tugas penyelenggara, misalnya dari sisi anggaran.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help